Pengertian, Fungsi, dan Bagaimana Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan

Setiap bacaan biasanya memiliki beberapa paragraf yang saling berkaitan satu sama lain. Setiap paragraf mengandung gagasan pokok atau ide pokok yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Ide pokok bacaan dalam paragraf umumnya berada pada sebuah kalimat yang disebut dengan kalimat utama. Kalimat utama ini bisa saja terletak pada awal, tengah, maupun akhir paragraf.

Sedangkan kalimat yang tidak mengandung ide pokok bacaan, hanya dimaksudkan untuk menjelaskan kalimat utama. Kalimat-kalimat tersebut dinamakan kalimat pengembang.


Pengertian, Fungsi, dan Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan
mecari ide pokok bacaan


Pengertian Ide Pokok Bacaan

Ide pokok bacaan adalah sebuah gagasan utama yang akan dikembangkan menjadi sebuah paragraf utuh. Ide pokok bacaan mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah paragraf. Tanpa ada ide pokok bacaan sebuah paragraf menjadi susah dipahami maknanya.


Fungsi Ide Pokok Bacaan

Fungsi ide pokok bacaan adalah untuk memudahkan pembaca dalam memahami paragraf. Sebelum menulis sebuah paragraf sebaiknya kita memilih sebuah gagasan yang akan disampaikan agar paragraf menjadi jelas arah pembahasannya.


Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan

Cara menentukan ide pokok bacaan sebuah paragraf memerlukan ketelitian. Kita tidak bisa sembarangan mengambil kesimpulan dari sebuah paragraf hanya dengan membaca sekilas saja.

Kita harus benar-benar teliti karena ide pokok bacaan tidak hanya terletak di awal paragraf saja. Tetapi kadang juga di tengah atau di akhir. Oleh sebab itu kita harus membaca keseluruhan paragraf untuk menemukan gagasan utamanya.


Artikel singkat mengenai pengertian ide pokok bacaan, fungsi ide pokok bacaan, dan cara menentukan ide pokok bacaan ini semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel