Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Cara mengatasi insomnia adalah langkah yang harus dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tidak bisa tidur malam. Gangguan tidur di malam hari bisa berdampak buruk pada rutinitas di siang hari.

Insomnia biasanya terjadi pada remaja dan anak-anak. Remaja biasanya memiliki banyak beban pikiran yang bisa mengganggu tidur pada malam hari. Sedangkan anak-anak biasanya mengalaminya karena sudah terlalu lama tidur siang.

cara mengatasi insomnia paling ampuh
cara mengatasi insomnia agar tidak menggangu aktivitas

Pengertian Insomnia Menurut Para Ahli.

Dari sekian banyak pendapat para ahli, semua memiliki pandangan yang sama mengenai pengertian insomnia.

Insomnia adalah sebuah kondisi dimana penderitanya mengalami gejala gangguan yang berhubungan dengan tidur. Gangguan-gangguan tersebut meliputi susahnya tertidur di malam hari, tiba-tiba terbangun dari tidur, tidur tidak nyenyak, dan tidak merasa segar setelah bangun tidur.

Jika kita mengalami salah satu atau beberapa gejala insomnia tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama, sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada ahlinya. Sebab insomnia bisa saja terjadi karena kita mengalami masalah mental yang cukup serius.


Hal-hal yang menyebabkan insomnia.

Insomnia tidak datang begitu saja. Pasti ada masalah yang melatarbelakanginya. Berikut ini adalah beberapa hal penyebab insomnia yang bisa kita coba untuk hindari:

  1. Bermain HP dan menonton TV sebelum tidur.
  2. Tempat tidur berantakan dan tidak nyaman.
  3. Lingkungan yang bising dan suara yang mengganggu.
  4. Cahaya lampu yang terlalu terang.
  5. Suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin.
  6. Gangguan psikologi atau mental.
  7. Kondisi fisik sedang sakit.
  8. Gaya hidup yang tidak sehat.
  9. Pola tidur yang tidak teratur.
  10. Mengkonsumsi alkohol, kafein, rokok, dan obat-obatan tertentu.

Dengan menghindari hal-hal penyebab insomnia tersebut sebenarnya cukup membantu kita dalam mengatasi permasalahan gangguan tidur ini.


Aktivitas untuk menyembuhkan insomnia.

Insomnia bisa kita coba untuk atasi dengan melakukan beberapa aktivitas berikut ini:

  1. Rajin melakukan olahraga.
  2. Lakukan senam atau yoga.
  3. Pola hidup sehat.
  4. Pola tidur yang teratur.
  5. Hindari tidur siang.
  6. Bersihkan tempat tidur dan buat senyaman mungkin.


Makanan dan minuman untuk mengatasi insomnia.

Selain dengan melakukan kegiatan rutin dan menerapkan pola hidup teratur, kita juga bisa mengatasi insomnia dengan makan dan minuman terentu. Inilah beberapa makanan untuk mengatasi insomnia:

  1. Nasi putih. Makanlah nasi putih dengan porsi sedang, jangan terlalu berlebihan. Usahakan makan kurang lebih 60 menit sebelum pergi tidur.
  2. Ikan. Selain mengandung protein, ikan juga mengandung lemak yang membatu kita tidur lebih nyenyak. Adapun beberapa jenis ikan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah ikan tuna, salmon, dan tongkol.
  3. Kacang-kacangan. Kacang-kacangan sering dimanfaatkan untuk membantu program diet. Tapi ada manfaat lain dari kacang-kacangan yang jarang diketahui orang, yaitu untuk membantu mengatasi masalah insomnia.
  4. Teh chamomile. Jenis teh ini bagus untuk mengatasi insomnia karena mengandung antioksidan yang bisa memicu rasa kantuk. Disamping itu, teh chamomile juga membantu kita untuk rileks dan tenang.
  5. Susu. Segala jenis susu dan olahannya diyakini bisa membantu kita memancing rasa ingin tidur. Coba konsumsi susu atau yoghurt sebelum tidur dan rasakan sendiri manfaatnya.


Cara mengatasi insomnia menurut Islam.

Gangguan susah tidur malam menurut Islam memiliki cara penanganannya sendiri. Insomnia bisa diatasi dengan melakukan beberapa hal ini:

  1. Berwudhu.
  2. Solat isya dan solat witr.
  3. Berdoa sebelum tidur.
  4. Membaca surat pendek.
  5. Posisi tidur menghadap kanan.
  6. Tidak tidur terlalu larut.


Penutup.

Insomnia atau gangguan tidur di malam hari bisa kita cegah dan hindari dengan berbagai cara. Namun akan lebih baik jika kita berkonsultasi kepada dokter atau psikolog, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel