Apakah Pelajaran Bahasa Daerah penting?

Apakah Pelajaran Bahasa Daerah penting?



Sebagian orang mungkin merasa atau bertanya-tanya. Buat apa belajar bahasa daerah? Toh sekarang yang lebih terkenal adalah bahasa nasional (B. Indonesia) atau bahasa Inggris (Bahasa Internasional), rassa-rasanya, bahasa daerah tidak begitu penting.

Yakin?

Oke, sepintas memang ada benarnya. Tapi, hal itu sungguh keliru. Bukankah kita lahir di daerah tertentu? Hal itu jelas menjadi identitas kita. Mengenai bahasa, kebudayaan juga hal-hal yang berhubungan dengan tempat seseorang lahir.

Lantas apa hubungannya?

Banyak orangtua yang malah membiasakan anak-anaknya menggunakan bahas Indonesia sejak kecil. Dan banyak nmenjadikan sebagai bahasa Ibu (Jika orang betawi, mungkin masih bisa, karena bahasan aslinya masih campuran bahsa Indonesia), tapi kalau daerah lain? Seperti Garut, Bandung, dan daerah lainnya?

Bahasa daerah sangatlah penting dipelajari, bagaimana jika senadainya bahasa khas suatu daerah bhilang lantaran tidak digunakan lagi? tentu saja itu hal yang buruk. Sama saja telah membuang suatu kekayaan yang dimiliki.

Berikut manfaat belajar Bahasa Daerah

1. Bahasa daerah menjadi suatu identitas diri. Seseorang ketahuan lahir atau berdomisili di mana jika menggunakan suatu bahsa daerah. Misalkan bahasa jawa, sunda, makassar dan daerah lainnya. 

2. Penggunaan bahasa daerah menjadi bentuk pelestarian sesuatu yang dimiliki daerah dan bangsa Indonsia itu sendiri. Dengan begitu, hal-hal yang berhubungan dengan pencurian suatu bahasa ataupun kebudayaan akan terhindar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel