Cara Mudah Memeriksa Kekuatan Password pada Windows Apps dengan Security Scanner

Cara Mudah Memeriksa Kekuatan Password pada Windows Apps dengan Security Scanner
tampilan password security scanner

Form login dimiliki oleh sebagian besar aplikasi Windows seperti MS Outlook, Google Talk, Internet Explorer, Firefox, dan lain sebagainya. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk dapat menyimpan username dan password. Pengguna dapat dimudahkan dengan adanya Form login sehingga detail login tidak perlu selalu dimasukkan saat mereka melakukan login. Namun kelemahannya, sistem operasi Windows tidak memiliki pilihan untuk dapat melakukan pendaftaran pada semua detail login yang ada di software dalam memverifikasi integritas username dan juga password.

Anda dapat bisa menemukan semua detail login yang telah tersimpan di komputer Password dengan menggunakan aplikasi tambahan yaitu Security Scanner. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat memeriksa kekuatan password dan atribut lainnya tanpa harus melakukan ekstraksi detail login dari aplikasi. Aplikasi multibahasa tersebut dapat Anda gunakan di seluruh versi sistem operasi Windows. Aplikasi Security Scanner dapat melakukan scan pada beberapa aplikasi, seperti pada semua versi Mozilla Firefox, VPN, Internet Explorer 4.0 -6.0, IE 7.0 – 9.0, MS Outlook, MSN/Windows Messenger, dan juga Windows Live Mail.

Anda dapat memperoleh aplikasi Security Scanner dengan melakukan pengunduhan melalui alamat di http://www.nirsoft.net/utils/password_security_scanner.html. Untuk dapat memeriksa kekuatan password pada Windows Apps dengan menggunakan Security Scanner, berikut langkah – langkahnya.

  1. Jalankan unzip pada paket aplikasi yang telah Anda unduh.
  2. Selanjutnya, klik ganda pada file PasswordScan.exe. Aplikasi kemudian akan mendata semua detail login yang telah tersimpan di dalam aplikasi pada sistem operasi Windows.
  3. Kik Advanced Options melalui menu Options jika Anda ingin melakukan filter pada daftar detail login. Password kemudian akan dapat Anda tampilkan mulai dari password yang tidak aman karena jumlah karakternya yang sedikit sampai password yang kuat. Beri lah tanda centang pada pilihan Display only items with password length lower than dan juga pada Display only items with password strength lower than. Untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda buat, klik OK.
  4. Agar informasi kekuatan password dapat ditampilkan secara lengkap, klik ganda pada item yang terdapat di dalam daftar. Anda kemudian akan melihat kotak dialog terpisah lengkap beserta atribut kekuatan password sehingga Anda dapat melakukan pemeriksaan pada Password Type, User Name, Computer Name, Application, hingga Windows User. Klik OK jika kekuatan password pada item tersebut telah selesai Anda amati.
Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Mudah Memeriksa Kekuatan Password pada Windows Apps dengan Security Scanner"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel