10 Cara Meredakan Nyeri Haid Dengan Cepat

Nyeri haid sering dialami oleh wanita, apalagi di hari pertama. Keadaan ini sering mengganggu aktivitas dan menimbulkan konflik dengan orang-orang di sekitar. Sebab orang yang sedang mengalami haid biasanya lebih sensitif, terlebih jika nyerinya berlebihan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan kita bahas berbagai cara meredakan nyeri haid dengan cepat. Tidak hanya itu, kita juga menyertakan faktor pemicu nyeri haid dan makanan untuk meredakan nyeri haid. 

cara meredakan nyeri haid dengan cepat
ilustrasi rasa sakit karena nyeri haid yang berlebihan

Faktor Penyebab Nyeri Haid

Nyeri haid pada wanita sering disebabkan oleh berbagai faktor. Adapun hal-hal yang umum dijumpai sebagai penyebab nyeri haid yaitu:

  • Usianya masih di bawah 30 tahun.
  • Menstruasi pertama pada usia yang terlalu muda, misalnya 12 tahun atau bahkan kurang.
  • Terjadi pendarahan hebat dan mengeluarkan darah haid yang berlebihan.
  • Faktor keturunan karena ada keluarga yang memiliki riwayat penyakit haid.
  • Merokok dan minum alkohol.

Setelah mengetahui faktor penyebab yang mana yang kira-kira menjadi alasan kita mengalami nyeri haid, kita bisa menentukan apakah akan mencoba berbagai cara meredakan nyeri haid berikut ini, ataukah harus segera menemui dokter.


Cara Meredakan Nyeri Haid Yang Berlebihan

Nyeri haid yang berlebihan biasanya terjadi pada hari pertama. Tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa berlanjut sampai beberapa hari selanjutnya. Mari kita bahas beberapa cara alami dan obat untuk meredakan rasa nyeri menstruasi yang berlebihan ini.

1. Kompres perut menggunakan air hangat.

Air hangat sangat membantu dalam mengurangi rasa nyeri pada wanita yang sedang mengalami haid. Gunakan handuk basah atau bantal pemanas untuk mengompres bagian tubuh yang nyeri.

2. Memijat perut memakai minyak esensial.

Pijat perut menggunakan essential oil untuk mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh menstruasi. Memijat perut dengan minyak esensial ini selain meredakan nyeri juga bisa memberikan efek relaksasi.

3. Melakukan olahraga ringan.

Olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki, jogging, atau senam, mampu membantu mengurangi rasa nyeri haid. Akan lebih baik lagi jika olahraga dilakukan secara rutin, bahkan saat tidak sedang haid.

4. Berendam dengan air hangat.

Siapkan air hangat di dalam bak atau ember besar untuk merendam tubuh. Berendam dapat bermanfaat untuk relaksasi dan mengurangi rasa nyeri haid pada wanita. Perlu diingat bahwa sebaiknya jangan berendam terlalu lama, sebab bisa menimbulkan masuk angin.

5. Mengurangi makanan asin dan kafein.

Makanan asin dan berlemak, atau minuman yang mengandung kafein dan alkohol bisa menjadi penyebab rasa nyeri haid yang berlebihan. Sebagai gantinya, kita bisa mengganti dengan minum teh, lemon, atau jahe.

6. Minum air putih secara teratur.

Air putih sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, air putih juga sangat diperlukan untuk penderita nyeri haid atau diare, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Jika tidak terbiasanya minum air putih yang cukup, anda bisa mengakalinya dengan meminum jus buah tanpa gula.

7. Hindari stress.

Stress dapat menyebabkan kram perut dan haid tidak lancar. Lakukan hal-hal yang menyenangkan untuk menghindari stres. Kita bisa melakukan hobi seperti menyiram tanaman hias, jalan santai, meditasi, atau yoga.

8. Istirahat yang cukup.

Jangan sampai tubuh kita terlalu lelah sebab hal ini juga bisa memicu timbulnya nyeri haid. Beristirahatlah yang cukup, jika perlu tidak usah ragu untuk mengambil cuti haid. Biar bagaimanapun, kesehatan itu lebih penting dari pekerjaan.

9. Posisi tidur yang tepat.

Sering kali kita susah tidur saat haid karena posisi tidur kita yang salah. Adapun posisi tidur untuk meredakan nyeri haid sebaiknya adalah telentang. Selain itu, kita juga bisa mencoba posisi lain yaitu dengan menghadap samping sambil meringkuk seperti bayi saat tidur.

10. Konsumsi makanan dan minuman pereda nyeri haid.

Sebenarnya ada cukup banyak makanan yang bisa membantu kita meredakan nyeri haid. Makanan dan minuman untuk meredakan nyeri haid tersebut akan kita rangkum dalam poin-poin di bawah.


Makanan dan Minuman untuk Meredakan Nyeri Haid

Pada dasarnya memakan semua makanan dan minuman yang sehat dan bergizi bisa membantu kita mengatasi nyeri haid, baik itu di perut maupun pinggang. Tapi ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi untuk meredakan nyeri haid lebih cepat, yaitu:

  • Pepaya.
  • Alpukat.
  • Plum.
  • Pisang.
  • Susu.
  • Kacang-kacangan.
  • Beras merah.
  • Minyak zaitun.
  • Daging ayam.
  • Sayur-sayuran.
  • Ikan.


Penutup.

Nyeri haid pada perempuan adalah hal yang lumrah terjadi. Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan bisa dilakukan dengan berbagai cara di atas tergantung dari penyebabnya. Jika nyeri haid tidak kunjung reda selama beberapa periode sebaiknya hubungi dokter untuk mendapatkan solusi yang lebih sesuai.

Tapi kami tetap berharap kamu bisa cepat sembuh hanya dari membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel