3 Cara Memperkecil Ukuran Foto di HP Tanpa Aplikasi

Cara mengecilkan foto di HP bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari yang menggunakan aplikasi tambahan, sampai yang tidak memerlukan aplikasi sama sekali.

Untuk memperkecil ukuran foto di HP tanpa aplikasi, kita cukup menggunakan browser yang sudah tersedia di Smartphone Android atau iPhone. Tentu saja cara memperkecil ukuran file foto di HP tanpa aplikasi ini tetap harus dilakukan secara online.

cara memperkecil foto di hp online tanpa aplikasi
cara memperkecil foto di HP tanpa aplikasi

Berikut ini 3 cara mengubah ukuran foto di HP agar lebih kecil:


Cara mengecilkan ukuran foto di HP menggunakan JPEG Optimizer

JPEG Optimizer adalah sebuah website yang berfungsi untuk memperkecil size foto secara online. Ikuti beberapa langkah mudah berikut untuk mengecilkan foto di HP kamu.

  1. Buka website JPEG-Optimizer.com
  2. Tekan “Choose File” untuk memilih foto yang ingin kamu kecilkan ukurannya.
  3. Pilih Compression Level antara 0 sampai 99. Semakin kecil nilainya akan menghasilkan ukuran yang semakin kecil juga. Tapi kualitas fotonya juga akan jauh berkurang. Kalau kamu tidak yakin dengan pilihan ini, biarkan saja berada di angka default yaitu 65. Baru setelah itu kamu coba bereksperimen dengan angka lain.
  4. Kemudian pilih Resize Photo untuk mengubah lebar foto. Untuk tingginya sendiri akan menyesuaikan. Jika kamu tidak ingin mengubah lebar foto, maka kamu tidak perlu mencentang pilihan ini.
  5. Terakhir klik “Optimize Photo” untuk mendapatkan hasil akhirnya. Semakin besar ukuran foto kamu biasanya memerlukan waktu yang lebih lama pula.

Mengecilkan size foto secara online dengan Resize Pixel

Selain untuk memperkecil ukuran file foto, ResizePixel juga memiliki fitur yang cukup lengkap. Kamu bisa melakukan crop, mirror, rotate, compress, dan convert. Situs ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Berikut adalah cara memperkecil ukuran foto di HP menggunakan ResizePixel.

  1. Buka situs ResizePixel.com
  2. Klik UPLOAD IMAGE untuk menentukan foto yang akan diperkecil.
  3. Tentukan lebar di bagian Width. Bagian tinggi/Height akan menyesuaikan jika kamu centang “Fixed aspect ratio”.
  4. Kalau kamu ingin mengecilkan ukuran foto tersebut menjadi setengah atau seperempatnya, sebaiknya gunakan bagian persen pada pojok kanan atas.
  5. Selanjutnya klik Resize untuk melihat hasilnya.

Cara memperkecil ukuran foto dengan iLoveIMG

iLoveIMG mempunyai banyak sekali fitur yang berkaitan dengan foto. Beberapa fitur tersebut antara lain compress gambar, resize gambar, crop foto, mengubah file lain menjadi JPG, mengubah JPG menjadi file lain, watermark, meme generator, dan lain-lain.

Dari sekian banyak fitur kali ini tentu saja kita akan menggunakan Resize Image untuk mengecilkan gambar di HP. Inilah langkah-langkahnya

  1. Buka iloveimg.com
  2. Pilih menu Resize IMAGE.
  3. Klik tombol Select images untuk memilih gambar.
  4. Kali ini kamu bisa memilih dan mengecilkan lebih dari 1 gambar sekaligus.
  5. Atur ukuran pada Width dan Height, atau gunakan persentase.
  6. Terakhir klik pada tombol “Resize IMAGES”.


Itulah 3 cara memperkecil ukuran foto di HP tanpa aplikasi. Semua website di atas sudah diuji untuk mengecilkan gambar dan hasilnya sukses. Mengecilkan foto di HP online tanpa aplikasi sangat mudah untuk dipraktekkan. Semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel