Berbagai Macam Resep Nasi Goreng Cumi Yang Lezat

Cumi adalah bahan makanan dari laut yang banyak disukai karena rasanya kenyal dan gurih. Cumi banyak sekali terdapat di perairan Indonesia. Ada cumi yang berukuran sedang hingga besar.


Cumi biasanya banyak dijadikan makanan yang pedas dan lezat. Cumi memiliki ciri khas juga karena adanya tinta hitam. Beberapa orang ada yang menyukainya dengan tinta hitam, ada yang tidak.


Nah anda suka yang mana? Sebenarnya enak saja semuanya, apalagi jika sudah dibuat menjadi nasi goreng.


Berikut berbagai macam resep nasi goreng cumi yang lezat.


resep nasi goreng cumi
resep nasi goreng cumi

1. Nasi Goreng Cumi Hitam

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika cumi dengan tintanya ada yang suka dan tidak. Tetapi tidak ada salahnya mencoba. Siapkan cumi 4 buah dan bersihkan, namun jangan hilangkan tintanya. Siapkan bumbu untuk dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, kemiri dan juga merica. Setelah itu anda siapkan kecap manis, saus sambal, saus tiram dan penyedap rasa.


Potong cuminya jadi ukuran sedang namun jangan dibuang tintanya. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan masukkan cuminya. Masak sebentar dan masukkan nasi putihnya. Tambahkan saus sambal, kecap manis dan saus tiramnya. Aduk hingga rata dan makan dengan kerupuk biasa, dijamin enak sekali.


2. Nasi Goreng Cumi Cabe hijau

Pastinya anda sudah tidak asing dengan cumi cabe hijau? Nah, kini kita buat menjadi nasi goreng. Bahan yang anda butuhkan mudah saja. Siapkan 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, serai 1 batang, lengkuas, cabe hijau gendot 6 buah dan kecap manis. Siapkan juga cumi segar dan nasi putihnya. 


Iris dahulu bawang merah, bawang putih, cabe hijau gendot dan juga serainya. Setelah itu siapkan minyak di dalam wajan panas dan masukkan semuanya. Tambahkan cuminya dan kecap manis. Oseng sebentar kemudian masukkan nasinya. Masak hingga matang, cicipi apakah sudah gurih.


3. Nasi Goreng Cumi Teriyaki

Jika anda ingin sajian yang berbeda dan special, anda bisa pilih nasi goreng cumi teriyaki. Bahan-bahan yang perlu anda siapkan adlaah 4 buah cumi segar yang tintanya dihilangkan. Setelah itu bawang Bombay 1 buah, gula pasir, garam dan saus teriyaki. Siapkan juga kecap inggris jika ada. Untuk tambahan bahannya siapkan baso sapi.


Iris bawang bombaynya dan tumis hingga wangi. Masukkan cumi yang sudah dihilangkan tintanya dan dipotong. Setelah itu masukkan saus teriyakinya sekitar 1 sendok makan. Kemudian masukkan juga kecap inggris dan kecap manisnya secukupnya. Setelah itu masukkan baso sapi yang sudah dipotong. Nasinya masukan terakhir dan aduk hingga rata. Tambahkan gula dan garam sedikit saja. Sajikan dengan taburan bawang goreng.


4. Nasi Goreng Cumi Asam Manis

Sajian nasi goreng dengan cumi yang satu ini juga patut dicoba dan tidak kalah enak. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah bawang Bombay 1 buah, bawang putih 2 siung, cumi 5 buah dan garam. Siapkan juga saus sambal, saus tomat dan tomat segar 1 buah. Daun bawang siapkan 2 batang. 


Iris dahulu daun bawang dan tomatnya, sisihkan dalam piring. Setelah itu anda potong cuminya dan tumis dengan bawang putih. Masukkan juga bawang bombaynya. Kemudian anda masukkan daun bawang dan tomatnya. Masukkan nasi putih dingin di bagian yang terakhir. Tambahkan saus tomat, saus sambal dan garam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel