Cara Berhemat Simpel yang Bisa Kamu Lakukan Tiap Hari Agar Uang Kamu Lebih Awet

Sering mengeluh uang gajimu tak cukup hingga akhir bulan? Mungkin Kamu perlu mengubah beberapa kebiasaanmu sehari-hari. Pasalnya, seringkali beberapa kebiasaan yang Kamu lakukan sehari-harilah yang menjadi penyebab uangmu tak bisa awet. Jangankan untuk menabung, jika untuk mencukupi kebutuhan bulananmu saja masih menjadi tantangan tersendiri, mungkin Kamu perlu belajar lebih berhemat lagi.

Ingat, bengkaknya keuanganmu tak hanya disebabkan oleh pengeluaran tak terduga seperti saat kamu pinjam uang dan pengeluaran yang besar, rupanya pengeluaran kecil pun bisa jadi memakan budget bulananmu diam-diam. Dan ini tentu terjadi tanpa Kamu sadari. Ingin program menabungmu berjalan lebih lancar lagi? Berikut adalah tips cara berhemat simple yang bisa Kamu lakukan setiap hari agar uangmu jadi lebih awet lagi. Yuk disimak.

1. Memakai wifi kantor

Berapa Rupiah yang harus Kamu keluarkan untuk mengakses internet? Jika capaiannya hingga ke puluhan GB, Kamu akan ingin menemukan cara lain untuk lebih berhemat lagi. Kamu bisa membatasi dan mengurangi penggunaan internetmu. Kurangi frekuensi membuka sosial media. Namun jika hal ini tak dapat dihindari, Kamu bisa ikut memakai wifi kantor. Dengan demikian, paket datamu bisa dipakai lebih lama dari biasanya.

2. Pertimbangkan gunakan tabungan berencana

Kamu bisa pertimbangkan cara satu ini agar arus keluar-masuk keuanganmu bisa lebih teratur lagi. Dengan mengikuti tabungan berencana, sistem keuanganmu akan lebih ketat sehingga membantumu lebih berdisiplin lagi dalam pengelolaannya. Dengan cara ini, Kamu akan diwajibkan untuk menyisihkan sejumlah uang dari gaji bulanan yang didebet otomatis.

Perhatikan di sini, jika saldomu kurang, Kamu akan dikenai denda. Jadi dengan cara ini, mau tak mau Kamu akan menyiapkan budget untuk tabungan berencana itu.

3. Bawa minum sendiri

Berapa uang yang tanpa Kamu sadari telah habis untuk kebutuhan minum harianmu? Jika Rp 10.000 merupakan nominal paling kecil yang Kamu keluarkan setiap hari untuk membeli minuman ringan, maka totalnya adalah Rp 310.000 per bulan. Mengingat ini merupakan kebutuhan dasar yang tak mungkin dihilangkan, Kamu bisa lebih berhemat lagi dengan membawa minum sendiri dari rumah.

Coba periksa, berapa uang yang bisa Kamu hemat jika membawa air minum sendiri dari rumah? Kamu bisa mengalokasikan uang itu untuk ditabungkan atau untuk keperluan lain yang juga tak kalah pentingnya.

4. Kurangi pengeluaran saat hangout

Era kehidupan modern seperti sekarang ini telah membuat beberapa kegiatan menjadi kebiasaan baru yang tak mungkin dielakkan. Salah satunya adalah dengan bersosialisasi hangout di café ataupun tempat makan lainnya.

Menongkrong di kafe telah menjadi gaya hidup bahkan keharusan yang isinya tak melulu makan. Selain menikmati hidangan makanan yang disajikan, biasanya banyak dari kita yang menulis, meeting hingga melangsungkan diskusi penting di café.

Karena Kamu tak ingin mengeluarkan banyak uang, Kamu bisa mencoba untuk makan terlebih dahulu di rumah sebelum berangkat ke café. Dengan demikian, Kamu hanya cukup membeli makanan ringan/ camilan dan minuman dengan harga ekonomis di sana. Hitung saja berapa nominal yang bisa Kamu hemat dengan cara ini. Pasti jumlahnya cukup besar.

5. Kurangi budget hiburan

Sah-sah saja pergi berlibur sebagai bentuk relaksasi dan hiburan diri. Meski begitu, tak perlu yang mahal-mahal. Kamu bisa memilih yang harganya murah lagi meriah. Pilih tempat wisata yang murah. Lebih bagus lagi jika Kamu bisa memilih tempat wisata yang gratis alias tidak dipungut biaya.

Opsi yang praktis adalah memilih salah satu tempat di kotamu sendiri. Untuk mendapat informasi yang akurat, lakukan survei terlebih dahulu mengenai tempat yang hendak Kamu tuju. Dengan demikian Kamu akan bisa menghemat lebih banyak uangmu tanpa harus mengorbankan kebutuhanmu untuk hiburan dan relaksasi.

Alternatif lainnya, Kamu juga bisa mengurangi nonton bioskop dan menggantinya dengan nonton live streaming dari rumah. Dibandingkan dengan harga tiket bioskop, Kamu bisa menghemat uangmu dan menambah banyak jumlah tabunganmu dengan cara ini.

6. Lebih sering bersepeda dan jalan kaki

Bagi Kamu yang pengeluaran transportasinya sangat besar, Kamu bisa sesekali mencoba cara ini. Selain berjalan kaki bisa lebih menyehatkanmu, ada banyak uang yang bisa lebih Kamu hemat lagi. Tak hanya berjalan kaki, Kamu juga bisa lebih berhemat dengan bersepeda ke kantor, jika memungkinkan.

Kamu yang sering menggunakan ojek atau untuk berangkat ke kantor juga bisa mengganti dengan kendaraan umum yang harganya lebih ekonomis lagi. Memang itu artinya Kamu perlu bersiap-siap dan berangkat lebih awal lagi. Namun dengan demikian, uangmu bisa jadi tetap awet karena Kamu sudah lebih berhemat.

7. Kurang atau stop merokok

Khusus bagi Kamu yang perokok, jika biasanya Kamu menghabiskan sebungkus rokok dalam sehari, cobalah untuk menguranginya lagi. Usahakan untuk mengonsumsi sebungkus rokok dalam dua hingga tiga hari dan lihat berapa banyak uang yang bisa Kamu hemat karena hal ini.

Yang terpenting adalah bergaya sesuai dompetmu. Hiduplah secukupnya sesuai dengan kemampuan keuanganmu saat ini. Tak perlu memaksakan diri hingga akhirnya terjerat oleh gaya hidup yang tak memungkinkan untuk diikuti olehmu—terutama jika itu semua hanya berakibat membebani keuanganmu. Tumbuhkan kebiasaan menabung demi keamanan keuangan yang lebih baik lagi di masa depan. 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel