Tips Menghemat Data Internet Windows 10

Hadirnya windows 10 memang membuat banyak orang yang ingin upgrade ke windows 10 baik dari windows 8.1 maupun dari windows 7. Hal ini dikarenakan pihak Microsoft menggratiskan upgrade ke windows 10 baik itu dari windows original maupun windows bajakan.

tarif internet

Selain memiliki berbagai keunggulan, ternyata windows 10 juga memiliki kekurangan yang salah satunya adalah penggunaan data internet yang banyak. Lalu bagaimana cara menghemat data internet windows 10 agar kuota internet tidak cepat habis?

Windows 10 hadir membawa banyak perubahan dari pendahulunya yakni windows 8.1 yang dinilai kurang begitu laris di pasaran. Fitur yang paling tampak pada windows 10 adalah kembalinya Start menu seperti pada windows 7 yang dihilangkan pada windows 8 dan 8.1. Selain itu, fitur lainnya yang dimiliki windows 10 adalah hadirnya Cortana sebagai virtual asisten mirip seperti Siri pada perangkat Apple.

Namun dibalik segala keunggulannya, ada beberapa kekurangan windows 10 yang terasa mengganggu bagi orang Indonesia. Salah satunya adalah penggunaan internet yang cukup boros. Hal ini dikarenakan terdapat fitur baru di Windows 10 yang memungkinkan sesama pengguna akan share update windows 10 ke pengguna lain sehingga pembebanan data di server menjadi berkurang. Fitur di Windows 10 tersebut bernama Windows Update Delivery Optimization (WUDO). Fitur inilah yang membuat penggunaan data internet menjadi bengkak. Lalu bagaimana cara mengatasi penggunaan internet di windows 10 ini? Caranya adalah dengan mematikan fitur WUDO yang akan dijelaskan seperti berikut ini.

MENONAKTIFKAN WUDO PADA WINDOWS 10 UNTUK MENGHEMAT PAKET DATA


  1. Pertama, masuklah ke menu Settings dengan melalui Start > Settings.
  2. Kemudian pada jendela Settings, pilih opsi Update & Security.
  3. Setelah itu, klik pada Windows Update dan pilih link Advanced Options.
  4. Selanjutnya adalah dengan mengubah settingan pada Choose how updates are installed. Pilihlah opsi Choose how updates are delivered.
  5. Kemudian matikan fitur tersebut dengan memilih opsi Off pada Updated from more than one place.


Selain itu, anda juga dapat lebih menghemat kuota internet anda dengan menjadikan koneksi internet di laptop atau computer anda menjadi metered connection. Hal ini sangat berguna ketika koneksi internet yang anda miliki terbatas dan anda tidak menginginkan update di windows 10. Windows 10 tidak akan mendownload update ketika koneksi internet yang kita gunakan adalah metered connection. Namun apabila koneksi internet tidak di set menjadi metered connection, maka secara otomatis windows akan mendownload update tanpa anda ketahui.

Cara mengaktifkan metered connection di windows 10 sangatlah mudah. Ketika anda telah terkoneksi dengan jaringan internet anda, anda baru bisa menghidupkan metered connection. Berikut cara menghidupkan metered connection.

MENYALAKAN METERED CONNECTION WINDOWS 10 UNTUK MENGHEMAT KUOTA INTERNET


  1. Pertama, klik start kemudian pilih Settings. Pilih menu Network & Internet.
  2. Pilihlah koneksi yang anda gunakan apakah menggunakan wifi, mobile broadband atau yang lainnya. Klik nama koneksi yang anda gunakan.
  3. Kemudian aktifkan metered connection.


Jika anda masih ingin lebih menghemat kuota internet di windows 10, anda dapat mematikan sinkronisasi yang dilakukan oleh OneDrive. OneDrive adalah layanan cloud yang disediakan secara default oleh windows 10. Namun jika anda tidak membutuhkan OneDrive sebagai layanan cloud, anda dapat mematikan sinkronisasinya. Caranya adalah dengan klik kanan pada icon OneDrive, kemudian klik Settings. Pada tab Settings, klik pada tombol Unlink OneDrive. Maka secara otomatis semua aplikasi yang menggunakan OneDrive sebagai salah satu penyimpanannya akan tidak disinkronisasi. Namun jika anda tidak ingin hal itu terjadi, anda dapat mematikan sinkronisasi OneDrive hanya dari folder tertentu saja.

MENGHEMAT DATA INTERNET DENGAN MEMATIKAN SINKRONISASI ONEDRIVE


  1. Caranya, pada menu Settings silakan anda pilih tab Choose folders.
  2. Klik pada tombol Choose folders, maka akan muncul jendela baru.
  3. Hilangkan tanda centang pada folder yang tidak ingin anda sinkronisasi menggunakan OneDrive.




Itulah beberapa cara menghemat data internet windows 10 yang dapat anda lakukan. Cara tersebut diatas tergolong aman karena tidak mematikan fitur-fitur utama seperti windows update, apps update, dan yang lainnya. Dengan melakukan pengaturan tersebut, maka penggunaan data internet akan lebih terukur sehingga kuota internet tidak cepat habis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel