6 Cara Merawat Touchscreen HP Android

merawat layar sentuh ponsel android
layar sentuh android rusak

HP android saat ini memang merajai pasar ponsel pintar di Indonesia. Banyak orang yang beralih dari ponsel mereka yang masih menggunakan keypad ke ponsel layar sentuh ini. Ponsel android memang berkembang sangat pesat dan memiliki pengguna puluhan bahkan ratusan juta orang di Indonesia. Ponsel android identik dengan touchscreen atau layar sentuh. Layar sentuh ini dilengkapi dengan sensor sehingga dapat mendeteksi sebuah sentuhan.

Layar dari ponsel android terbuat dari kaca, yang artinya dapat pecah atau menjadi baret kapan saja. Walaupun banyak ponsel android yang sudah dilindungi dengan anti gores seperti Gorilla glass, namun bukan berarti kaca tersebut tidak bisa pecah atau tergores.
Cara pemakaian juga sangat mempengaruhi keawetan layar touchscreen android. Terkadang orang tidak terlalu memperdulikan cara penggunaan dan perawatan touchscreen sehingga membuat touchscreen menjadi tidak berfungsi, sering tidak merespon, baret pada kaca, atau bahkan kaca menjadi pecah.

Kaca layar ponsel yang tergores atau pecah tidak akan bisa dikembalikan seperti semula. Satu-satunya cara untuk mengembalikannya adalah dengan mengganti layar yang harganya relatif mahal.

Lalu bagaimana cara merawat layar touchscreen android agar tidak cepat rusak? Berikut ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk merawat layar ponsel android.

TIPS MERAWAT TOUCHSCREEN ANDROID

#1 Tips pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memperlakukan touchscreen sewajajrnya saja. Tidak perlu menggunakan benda-benda keras atau tajam untuk menekan layar ponsel. Cara menekan / menyentuh layar touchscreen pada ponsel juga tidak perlu berlebihan. Penggunaan yang ekstrim dapat menyebabkan layar ponsel menjadi kurang responsive, sering tidak bekerja, atau bahkan mati total.

#2 Kemudian jangan menggunakan ponsel di suhu yang ekstrim. Misalnya saja dengan menggunakan smartphone pada suhu di bawah 20 derajat celcius atau lebih dari 60 derajat celcius. Hal ini dapat merusak sensor yang ada di layar smartphone android. Hindarkan juga dari terkena sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat merusak sensor touchscreen. Jika anda adalah pengguna android yang suka mengutak-atik android dan mengganti ROM, jangan menggunakan touchscreen pada saat pertama kali anda menginstall ROM.

#3 Langkah selanjutnya adalah dengan menjauhkan layar ponsel dari perangkat elektronik. Jika layar ponsel bersentuhan dengan perangkat elektronik, maka dapat terjadi kerusakan pada sensor layar touchscreen dan akan membuat touchscreen susah untuk merespon.

#4 Usahakan untuk tidak mengatur ponsel android agar selalu menyala. Layar ponsel yang menyala secara terus menerus akan membuat bagian dalam layar menjadi panas. Panas yang berlebih ini akan membuat touchscreen menjadi mudah rusak. Untuk itu, anda dapat mengatur waktu stand by ponsel. Misalnya dengan mengatur waktu 1 menit jika layar tidak disentuh, maka ponsel akan terkunci dan layar menjadi mati.

#5 Langkah selanjutnya untuk merawat layar touchscreen android adalah dengan memberikannya lapisan khusus dari mika. Meskipun kebanyakan layar ponsel android sudah dilindungi dengan teknologi anti gores dan anti pecah, itu bukan berarti layar ponsel tidak bisa tergores saat terjadi benturan / gesekan. Untuk itu diperlukan lapisan pelindung layar touchscreen yang bahannya terbuat dari mika. Hal ini diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti benturan dengan benda tajam, jatuh, atau yang lainnya. Jika dilindungi dengan pelindung layar, maka kemungkinan layar untuk tergores akan semakin sedikit sehingga layar ponsel akan semakin awet.

#6 Cara terakhir yang dapat anda praktekkan adalah dengan sering membersihkan layar dari kotoran. Kotoran yang menempel pada layar akan berbahaya jika dibiarkan. Misalnya ada kerikil yang kecil, lalu tiba-tiba layar terkena gesekan. Maka hal ini dapat membuat goresan pada layar smartphone. Untuk itu, rajin-rajinlah membersihkan layar smartphone. Anda bisa menggunakan kain yang halus untuk menghilangkan debu / kotoran yang menempel di layar. Jangan menggunakan kain yang kasar karena dapat memicu goresan pada layar. Selain itu, anda dapat menggunakan kapas yang dibasahi dengan cairan khusus untuk membersihkan layar supaya layar menjadi bersih.


Nah, itulah beberapa tips dalam merawat layar touchscreen android. Jika layar android tidak terdapat goresan atau retakan, maka anda akan lebih nyaman dalam menggunakan ponsel android.

0 Response to "6 Cara Merawat Touchscreen HP Android"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel