Cara Menambah RAM Android tanpa PC

Dari hari ke hari pengguna Android di Smartphone semakin banyak saja. Android bisa dibilang menjadi OS favorit di kalangan pemakai mobile.

Fitur yang terdapat di dalamnya disukai banyak orang karena menarik dan sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan mendapatkan informasi yang diperlukan.

Lewat HP Android kita bisa menyimpan segala macam data, musik, aplikasi atau pun foto dengan bebas.

menambah ram android tanpa komputer
RAM Android

Untuk menyimpannya diperlukan sebuah space khusus yang sering disebut dengan istilah RAM. RAM atau Random Access Memory adalah tempat penyimpanan bagi data serta program yang dijalankan dengan CPU.

Data di dalam RAM tergolong dalam tipe Memory Volatile, dimana sifatnya yang hanya sementara. Artinya saat HP dimatikan data tersebut otomatis akan hilang.

Besar-kecilnya RAM akan mempengaruhi seberapa besar kemampuan HP itu untuk menampung data. RAM yang kecil hanya dapat menyimpan data yang terbatas. Sebaliknya, RAM yang besar bisa dipakai untuk menyimpan data berukuran besar dan banyak.

Bagi yang memiliki RAM kecil sering timbul masalah ketika ingin melakukan Multitasking. Bisa saja terjadi lemot/lelet pada Smartphone Android-nya. Atau terkadang bisa sampai me-restart sendiri, padahal tidak kita restart.

Biasanya penyebabnya adalah ukuran RAM yang terlalu kecil sehingga tidak mampu menjalankan aplikasi yang berat. Hal ini tentunya bisa membuat kita jengkel, kesal ataupun pusing karena membutuhkan waktu untuk menggunakannya.

Tapi tidak perlu cemas, segala masalah selalu ada solusinya. Solusi mengatasi RAM yang terlalu kecil di Android ini adalah dengan menambah kapasitas RAM menggunakan aplikasi Swapper.

Swapper ini memiliki kemampuan menambah dan mengatur memori tanpa partisi di SD. Untuk memakainya diperlukan Root dan Kernel Swap.

Cara menggunakan Swapper:

  1. Download dulu aplikasinya di Google Play (https://play.google.com/store/apps/details?id=org.azasoft.free.swapper&hl=in)
  2. Install aplikasi Swapper lalu buka
  3. Aktifkan bagian Active Swap on Boot
  4. Pilih SD Card FAT Partition di bagian Swap File Position
  5. Masukkan space di bagian Swap File Size sesuai keinginan
  6. Terakhir, simpan pengaturannya

Mudah kan? Dengan cara itu akan membantu HP Android kalian untuk meningkatkan kinerja dan kemampuannya saat menjalankan aplikasi yang berat tanpa takut kehabisan memori jika dipakai untuk menyimpan data-data.

0 Response to "Cara Menambah RAM Android tanpa PC"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel