Tips Mudah Mengakses Control Panel Klasik Pada Start Screen di Windows 8

Tips Mudah Mengakses Control Panel Klasik Pada Start Screen di Windows 8
salah satu langkah mengakses control panel classic windows 8
Start Screen menjadi salah satu yang mengalami perubahan terbesar pada Windows 8. Rute penelusuran pun diubah oleh Microsoft dengan menciptakan tema baru dengan gaya Metro pada Start Screen. Bagi pengguna Windows 8 Consumer Preview, Anda pasti tidak akan menjumpai shortcut Control Panel. Cara cepat untuk membuka Control Panel klasik memang tidak disediakan oleh Windows 8. Namun, Anda tetap dapat mengaksesnya melalui Charm Bar. Anda dapat membuat shortcut Control Panel dan meletakannya pada Start Screen dengan cara berikut ini.

  1. Klik kanan pada Desktop untuk membuat shortcut pada desktop, kemudian pilih New > Shortcut pada menu konteks. Jendela Create Shortcut kemudian muncul, Anda akan diminta untuk menambahkan lokasi target shortcut. Pada Type the location of the item, shortcut path dapat Anda masukkan ke Control Panel dengan menuliskan path berikut %windir%\explorer.exe shell:::{26EE0668-A00A-44D7-9371-BEB064C98683}
  2. Untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya, klik tombol Next.
  3. Pada bagian Type a name for this shortcut, tuliskan Control Panel untuk memberi nama pada shortcut, kemudian klik Finish.
  4. Shortcut ke Control Panel akan Anda temukan di layar dekstop. Klik kanan pada shortcut jika Anda ingin mengubah ikon folder shortcut dengan ikon Control Panel. Selanjutnya pada menu konteks yang muncul, pilih Properties. Jendela pop-up Control Panel Properties kemudian akan Anda temukan.
  5. Klik pada tab Shortcut, kemudian klik tombol Change Icon.
  6. Pada Look for icons in this file, tuliskan %SystemRoot%\system32\SHELL32.dll, kemudian klik ikon Control Panel. Setelah itu, klik tombol OK.
  7. Klik kanan pada shortcut yang telah Anda buat, kemudian pilih Pin to Start pada menu konteks. Setelah itu, shortcut Control Panel akan dapat di-pin pada Start Screen di Windows 8.

Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel