Kenali Penyebab Buang Air Besar Berdarah

BAB mengeluarkan darah
buang air besar berdarah
Buang air besar berdarah ditandai dengan feses atau tinja yang terdapat bercak atau warna merah tidak wajar. Kenapa tidak wajar? Karena memang seharusnya buang air besar itu warnanya tidak merah.

Namun jangan gegabah. Tidak semua buang air besar yang diikuti warna merah itu artinya berdarah. Kita juga harus mengingat makanan apa yang kita makan sebelumnya. Kadang warna merah yang muncul adalah warna yang disebabkan oleh makanan tersebut. Jadi tidak semua merah itu berdarah.

Makanan yang biasanya menimbulkan warna merah pada tinja adalah bit merah, akar manis atau licorice. Selain itu juga mungkin saja Anda mengkonsumsi cokelat, suplemen zat besi, atau obat-obatan kimia yang bisa mengubah warna feses dan urin.

Jika Anda yakin sebelumnya tidak makan atau mengonsumsi bahan-bahan di atas, kemungkinan besar warna merah pada tinja Anda memang lah darah.

Nah, ini adalah penyebab buang air besar berdarah yang berhasil saya kumpulan dari berbagai sumber di internet.

1. Pendarahan Rektal
Penyebab pendarahan rektal adalah wasir atau ambeien, sembelit, serta tinja yang terlalu keras. Pendarahan terjadi pada bagian usus besar. Pada umumnya pendarahan rektal menjadi alasan yang paling banyak mengakibatkan tinja bercampur darah.

2. Maag Kronis
Pendarahan terjadi pada lambung dan usus dua belas jari. Warna darah yang keluar biasanya merah gelap bahkan kadang sampai berwarna hitam.

3. Divertikulitis
Pada usus besar dan usus kecil akan terdapat kantung-kantung dan beberapa titik lemah. Pendarahan terjadi karena meningkatnya tekanan dalam usus. Untuk mengatasinya kita harus banyak makan berserat tinggi dan minum obat yang diberikan dokter.

4. Inflamatory Bowel Disease
Penyakit inflamasi usus seperti crohn dan kolitis ulseratif juga ikut menjadi penyebab buang air besar berdarah. Selain tija berdarah, cara mengetahui terjadinya kolitis ulseratif adalah kram, demam, dan nyeri pada perut.

5. Cedera Dalam
Kerusakan atau terlukanya pembuluh darah pada salah satu bagian pencernaan tentu saja dapat mengakibatkan tinja berdarah. Perlu diagnosa yang tepat untuk mengetahui pada bagian mana yang harus diobati. Apakah itu pada lambung, pada usus, atau bahkan pada kerongkongan Anda.

6. Kanker Usus
Kanker usus biasa terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun. Dokter akan melakukan serangkaian tes untuk mengetahui apakah penyebab timbulnya darah pada saat BAB disebabkan oleh kanker usus besar ataukah karena sebab lain di atas.

Sebaiknya jika Anda mengalami BAB berdarah konsultasikan pada dokter yang benar-benar berkualitas untuk mendapatkan penanganan tepat agar sakit yang Anda derita tidak malah semakin parah.

0 Response to "Kenali Penyebab Buang Air Besar Berdarah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel