Jika Buang Air Besar Berdarah, Apa yang Harus Segera Saya Lakukan?

menolak alkohol
stop alkohol, salah satu upaya menghentikan buang air besar berdarah
Anda yang baru pertama kali mengalami buang air besar berdarah pasti sangat khawatir dan bingung dengan apa yang harus segera dilakukan. Kita akan sangat takut melihat kotoran kita keluar bercampur darah.

Umumnya buang air besar disertai dengan darah merupakan kondisi yang ringan atau tidak berbahaya. Kecuali jika darah yang keluar sangat banyak menyebabkan kita kekurangan darah sehingga badan lemas bahkan pingsan.

Jika sampai terjadi hal yang demikian sudah selayaknya langsung cari pertolongan medis, bawa ke UGD. Jika darah yang keluar tampaknya masih wajar, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Perbanyak minum air putih untuk melancarkan pencernaan. Minimal habiskan 8 gelas air putih dalam sehari agar kondisi lebih cepat pulih. Lebih banyak lebih baik.
  2. Perbanyak makan buah pepaya karena buah pepaya memiliki serat yang tinggi. Bisa juga makan selain buah atau sayur selain pepaya. Tapi usahakan yang berserat tinggi karena bagus untuk pencernaan.
  3. Lakukan olah raga secara rutin. Olahraga teratur dilakukan minimal 5 hari dalam 1 minggu. Setiap harinya usahakan minimal 30 menit. Olah raga dapat membatu tubuh tetap sehat dan mempercepat penyembuhan.
  4. Jangan makan makanan yang pedas. Tidak perlu saya jelaskan lagi Anda pasti sudah tahu bahwa makanan yang pedas bisa menyakiti pencernaan Anda. Makanan pedas bisa memperparah infeksi pada saluran pencernaan dan membuat perut panas. Ini akan menambah rasa sakit yang dialami.
  5. Hindari alkohol dan kafein. Usahan jangan minum minuman keras dan kopi saat Anda mengalami pendarahan pada saluran pencernaan. Alkohol dan kafein tidak baik untuk perncernaan kita baik saat sehat apa lagi sedang mengalami gangguan pencernaan seperti ini.
  6. Jangan makan makanan instan dan junk food saat kondisi Anda seperti ini. Makan makanan yang sehat dan alami. Lebih baik makan masakan ibu atau isteri di rumah karena masakan mereka pasti dibuat dengan lebih baik dan tidak instan.

Hal-hal di atas harus Anda lakukan agar buang air Anda normal kembali, tidak mengeluarkan darah. Lakukan sekitar 3 hari. Segera hubungi dokter jika sudah melakukan upaya di atas tapi masih belum sembuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel