Cara Paling Mudah Mengambil Gambar Screenshot di Komputer

cara mengambil gambar screenshot di komputer
Tombol Print Screen Pada Keyboard

Kadang kita memerlukan tangkapan gambar layak kita sendiri untuk membuat laporan, menyimpan bukti pembayaran, dan hal lainnya yang ingin kita abadikan tapi tidak tau caranya.

Sebenarnya cara untuk mengampil screenshot di laptop atau PC kita sendiri cukup mudah. Kita tidak perlu menginstal aplikasi tambahan apapun. Jika kita menggunakan aplikasi pihak lain justru biasanya hasilnya kurang memuaskan karena mereka sering menambah logo mereka sebagai watermark pada gambar yang kita capture.

Lalu bagaimana cara agar kita bisa mengambil di layar PC kita tanpa susah payah menginstall aplikasi lagi? Caranya cukup tekan tombol Print Screen pada keyboard kita. Jika kesulitan mencari mungkin tulisannya sudah disingkat menjadi prt scr, prt sc, atau kata lainnya yang mendekati print screen.

Setelah itu apa yang harus kita lakukan? Selanjutnya tinggal kita paste pada dokumen microsoft word, power point, atau tempat lainnya yang kita inginkan. Melakukan paste bisa dilakukan dengan klik kanan kemudian Paste atau gunakan kombinasi pada keyboard yaitu Crtl+V.

Jika tidak ingin meletakkan pada dokumen ms word atau power point dan lebih suka menyimpannya sebagai file biasa kita bisa melakukan paste pada paint. Buka paint kemudian paste-kan disana. Setelah itu save dengan nama dan lokasi yang kita mau.

Khusus pengguna laptop jika saat melakukan paste tidak terjadi apa-apa itu disebabkan oleh susunan keyboard Anda yang agak berbeda. Tapi jangan khawatir. Pengambilan gambar tetap bisa dilakukan dengan cara yang sedikit berbeda pula. Saat menekan Print Screen tekan juga Fn. Itu saja. Ini terjadi karena tombol Print Screen menyatu dengan tombol lain. Jika sudah mengkombinasikan dengan Fn tetap tidak bisa coba kombinasikan dengan Alt.

Demikan Cara mengambil screenshot pada layar PC yang paling sederhana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel