Lakukan 7 Cara Sederhana Ini Agar Harddisk Tidak Mudah Rusak

cara merawat harddrive
Hard Drive Hitachi

Bagaimana perasaan Anda jika harddisk komputer kesayangan Anda rusak. Padahal di dalam hardisk tersebut kita menyimpan banyak file penting. Mulai dari tugas sekolah, lagu favorit, koleksi film, dan lain-lain. Pasti kita akan sangat kecewa. Kalau diberi pilihan untuk memilih HDD baru yang kapasitasnya lebih besar atau harddisk lama kita tersebut pasti sebagian besar dari kita lebih memilih hardisk lama kita.

Saya pernah mengalami harddisk rusak. Banyak file penting yang hilang dan tidak bisa diselamatkan. Oleh karena itu mulai sekarang kita harus merawat hardisk agar tidak mudah rusak. Berikut ini adalah 7 cara sederhana perwatan harddisk yang wajib kita lakukan.

  1. Gunakan Stabilizer
  2. Benda ini dapat menyimpan listrik sementara sehingga saat terjadi mati lampu harddisk PC kita tidak akan mati mendadak. Mati listrik mendadak dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk kita.
  3. Instal Program Antivirus
  4. File dalam harddisk kita harus selalu terjaga dari ancaman virus. Instal antivirus dan pastikan antivirus yang kita gunakan adalah versi terbaru. Antivirus yang sudah kaluarsa tidak dapat mendeteksi virus baru. Ini sangat membahayakan file kita.
  5. Lakukan Scandisk
  6. Hal ini bertujuan untuk mengoreksi error pada direktori. Lakukan secara berkala agar kesehatan hardisk selalu tergaja.
  7. Minimalisir Guncangan
  8. Jangan pernah pindahkan laptop saat dalam kondisi sedang menyala. Ini untuk meminimalisir tejadinya guncangan. Hardisk yang sedang menyala rawan terhadap guncangan.
  9. Jalankan Program Perawatan Harddisk
  10. Pada komputer dengan OS Windows kita bisa menggunakan Disk Defragmenter untuk menata dan mengelola semua file di dalam hardisk kita. Lakukan secara rutin.
  11. Unsintall Aplikasi
  12. Aplikasi yang tidak kita gunakan sebaiknya dibuang saja. Uninstal aplikasi-aplikasi tersebuat agar harddisk semakin ringan dan cepat. Aplikasi yang tidak terpakai bisa membebani harddisk.
  13. Aktifkan Password
  14. Jangan biarkan sembarang orang menggunakan komputer Anda. Lindungi file penting Anda agar tidak bisa diakses sembarang orang. Orang lain bisa saja dengan tidak sengaja menyebabkan kerusakan pada berkas penting kita.

Itulah 7 cara sederhana merawat harddisk yang harus Anda coba untuk meminimalisir kerusakan harddisk. Biar bagaimana pun kerusakan tetap bisa terjadi. unutk itu lakukan backup data kita secara rutin untuk menghindari kehilangan file saat terjadi hal yang tidak kita semua inginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel