21 June 2016

Pentingnya Penerapan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kehidupan

Pentingnya Penerapan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kehidupan



Pendidikan kewarganegaraan sangatlah penting, tentu saja hal tersebut menjadi pokok dalam kehidupan. Mengapa? Lantaran, pendidikan kewarganegaraan memiliki fungsi besar sebagai peningkat rasa nasionalisme dan juga patriotisme. Bukannya itu hal yang mutlak harus dimiliki oleh warga negara yang baik?

Pendidikan kewarganegaraan juga sudah diajarkan di sekolah, dari mulai SD sampai perguruan tinggi. Kebanyakan, belajar PKN adalah sebatas formalitas, tapi justru PKN sangat penting bagi kelangsungan dan kedamaian warga negara Indonesia.

Belajar PKN memang menjadi dasar dalam hidup berbangsa dan bernegaa. Berikut manfaat belajar PKN bagi kehidupan berbangsa dan bernegara:

1. Pendidikan kewarganegaraan membuat manusia semakin tahu akan ideologi negara. Sehingga, akan terhindar dari perpecahan antar budaya, antar ras, agama dan perbedaan lainnya.

2. Belajar Pendidikan kewarganegaraan mampu membuat seseorang berpikiran terbuka tentang pemerintahan, politik dan hal-hal yang berhubungan dengan pengurusan sebuah negara.

3. Bertambahnya wawasan tentang UUD dan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Sehingga, mereka akan tahu apa hukuman bagi pelaku kejahatan.

4. Akan bertambahnya wawasan nasionalisme dan patriotisme yang sangat besar. Dibanding dengan orang yang tidak memiliki pembelajaran kewarganegaraan.

5. Akan ada wawasan kebersmaan dengan warga lain sebagai bentuk kebersamaan antar warga. Juga sebagai bentuk sepenanggungan.

6. Akan tumbuh ketransparanan jika ada hal yang berhubungan dengan pelanggaran yang berhubungan dengan kemanusiaan.

Artikel Terkait

Pentingnya Penerapan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kehidupan
4/ 5
Oleh