Manfaat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi Kehidupan

Manfaat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi Kehidupan



Ilmu pengetahuan sosial menjadi hal yang sangat penting. Jelas saja, bukannya kita hidup bersosial? Ya, kehidupan sosial merupakan hal umum dalam kehidupan bermasyarakat.  Manusia tidak bisa hidup sendiri karena berlaku sebagai zoon politicon.

Ilmu pengetahuan sosial sendiri sudah dipelajari sejak SD. Bahkan, penerapan Ilmu poengetahuan sosial bagi kehidupan bermasyarakat sangat ketara sekali.

Berikut beberapa manfaat belajar IPS sebagai penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Dengan belajar IPS, manusia akan mengenal karakteristik dan sifat manusia. Manusia juga bakal mengetahui bagaimana tutur kata orang desa dan orang kota. Tentu berbeda dan manusia itu sendiri akan berusaha menempatkan diri dibanding yang tidak belajar IPS sama sekali.

2. Manusia bisa menyampaikan pendapat dan keinginannya terhadap masyarakat lain. Mereka jadi pandai bersosial dan beradaptasi dalam kehidupan.

3. Manusia akan lebih kritis terhadap lingkungan sosial. Seperti halnya mahir dalam berbicara, atau selalu ikut bergotong royong dalam kehidupan sosial tersebut.

4. Manusia akan mengetahui semua hal yang berhubungan dengan sejarah indonesia. Sebagai warga negara yang baik, hal itu sudah menjadi kewajiban besar.

5. Manusia akan mengetahui kebudayaan atau kebiasaan makhluk sosial disekitar kita. Tentu saja itu menjadi nilai plus dalam menjaga kedamaian dan kebersamaan sesama manusia.

6. Ikut serta dalam proses pelestarian budaya di lingkungan sosial.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel