Indra Penciuman Hilang Bagaimana Cara Mengatasinya

Cara mengembalikan indera penciuman yang hilang bisa dilakukan dengan cara terapi penciuman maupun obat.

melatih penciuman dengan lemon
mengembalikan indera penciuman

Hilangnya indera penciuman bisa disebabkan karena flu, pilek, bahkan Covid19. Saat terkena pilek atau flu biasa, biasanya indera penciuman akan sembuh lebih cepat daripada Covid19 yang relatif lebih lama. Untuk berapa lamanya sendiri tergantung dari banyak faktor seperti daya tahan tubuh, tingkat parahnya penyakit, lingkungan, dll.


4 Cara Mengatasi Anosmia (Indra Penciuman Hilang)

Indra penciuman yang hilang belum tentu disebabkan karena covid. Bisa saja hanya karena flu atau pilek yang bisa kamu atasi sendiri di rumah. Berikut ini 4 cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan kehilangan indra penciuman:


1. Melatih Penciuman

Latihlah penciuman menggunakan benda-benda yang berbau cukup tajam dan memiliki aroma yang khas. Contoh benda yang bisa digunakan untuk latihan penciuman adalah cengkeh, kayu putih, atau lemon.

Benda-benda tersebut bisa digunakan untuk membangkitkan ingatan mengenai aroma-aroma sehingga perlahan saraf-saraf penciuman aktif kembali.

Lakukan terapi ini setidaknya 3 kali sehari sampai penciuman normal kembali. Hisap dalam-dalam aromanya dan latih kembali sensitifitas penciumanmu.


2. Minum Jahe

Jahe merupakan bahan yang bisa menghangatkan tubuh sekaligus rasanya juga enak. Selain itu jahe juga termasuk bahan yang memiliki aroma kuat. Jadi mengkonsumsi jahe sangat cocok untuk mengembalikan penciuman yang hilang.

Jahe dapat mengatasi hidung tersumbat. Minum jahe juga bisa melancarkan pernafasan.


3. Irigasi Hidung

Cara ini sebaiknya jangan dilakukan sendirian. Walaupun cukup sederhana tapi mintalah bantuan kepada orang lain untuk melakukannya.

Untuk melakukan irigasi hidung, pertama siapkan larutan berupa setengah sendok teh garam, setengah sendok teh soda kue, dan 1 cangkir air matang.

Masukan semua bahan ke dalam wadah penyemprot. Posisikan kepala miring ke salah satu sisi.

Semprotkan larutan ke lubang hidung yang posisinya di atas. Biarkan larutan mengalir keluar melalui lubang hidung yang bawah.

Ulangi dengan posisi lubang hidung bergantian alias ubah posisi kepala. Lakukan cara ini beberapa kali sehari.


4. Gunakan Obat

Jika ketiga cara di atas tidak ada yang berhasil langsung saja ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan obat-obatan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Beberapa obat yang sering dianjurkan dokter biasanya Dekongestan, Antihistamin, Antibiotik, dan semprotan hidung steroid.

Ceritakan kepada dokter yang kamu alami dan kamu rasakan sejujurnya. Tidak perlu ada yang kamu sembunyikan. Sebab jika ada hal-hal yang kamu sembunyikan bisa saja anjuran dokter jadi tidak akurat.


Semoga cara di atas bisa segera mengatasi hilangnya indera penciuman yang kamu alami. Jangan lupa jaga kesehatan.

0 Response to "Indra Penciuman Hilang Bagaimana Cara Mengatasinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel