Bagaimana Cara Membuat Ringkasan Sebuah Teks

Ringkasan adalah sebuah tulisan yang dibuat untuk menyampaikan isi sebuah artikel/materi yang panjang ke dalam bentuk yang lebih singkat.

Ringkasan biasanya dibuat oleh seorang pelajar untuk mencatat isi buku yang banyak, menjadi lebih sedikit tanpa mengurangi makna yang terkandung di dalamnya.

cara menulis ringkasan teks
menulis sebuah ringkasan

Kita perlu mengetahui bagaimana membuat ringkasan yang tepat agar isi yang terkandung tidak berubah.


Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyusun sebuah ringkasan materi:


1. Membaca keseluruhan teks.

Tanpa membaca seluruh isi sebuah artikel kita tidak akan bisa membuat ringkasan yang baik. Bisa saja arti yang terkandung berubah. Atau justru kita melewatkan bagian pentingnya dan malah menuliskan bagian yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Kadang membaca keseluruhan artikel sekali saja tidak cukup. Ada kalanya kita harus membacanya berulang sampai 2 kali, bahkan lebih. Jangan sampai ada bagian yang terlewatkan saat membaca naskah asli.


2. Mencatat gagasan utama.

Mencatat gagasan utama bisa dilakukan setiap paragraf. Bisa juga dilakukan dengan mengenali poin-poin pentingnya.

Catatan ini nantinya akan kita jadikan kerangka dalam menulis ringkasan. Jadi dengan menulisan catatan ini saja belum bisa dikatakan selesai dalam membuat ringkasan.


3. Menyusun ringkasan.

Gagasan utama dan poin-poin penting yang sudah kita kumpulkan akan kita susun meenggunakan kalimat baru yang lebih sederhana.

Yang perlu diingat sekali lagi, walaupun menggunakan kalimat baru, kita tidak boleh merubah isinya. Jangan gunakan kalimat dan kata-kata yang membingungkan. Kata-kata memiliki arti ganda bisa membuat pembaca salah dalam memahami isi ringkasan yang kita buat.


4. Menyunting ringkasan.

Tahap terakhir adalah mengevaluasi dan menyunting ringkasan yang sudah kita susun. Pada tahap ini kita harus meneliti semua kata dan kalimat yang kita tulis.

Perhatikan penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan hal-hal kecil lain yang rawan terjadi kesalahan.

Saat menyunting ringkasan juga kadang kita menemukan poin-poin yang sebenarnya tidak penting tapi malah kita tulis. Dan kita teringat poin penting yang lupa kita tulis. Itu lah mengapa proses ini sangat penting untuk dilakukan.


Demikian langkah mudah membuat ringkasan dari sebuah artikel. Semoga jelas dan mudah dipahami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel