Manfaat Berkomunikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Berkomunikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari



Komunikasi sudah menjadi hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Ya, bagaimana jadinya jika manusia tidak bisa berkomunikasi? Apa mungkin bisa menjalani kehidupan?  Pasti masih bisa, namun, apakah keinginannya akan tercapai?

Komunikasi sendiri ada beberapa bentuk, ada verbal, non verbal dan lain sebagainya. Dan, komunikasi apapun itu, semuanya sama penting. Komunikasi berfungsi sebagai cara untuk bisa mencapai sebhuah tujuan. 

Berdasarkan kepentingan komunikasi, berikut saya paparkan manfaat berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari:

1. Dengan berkomunikasi, manusia akan bisa menyampaikan keinginannya kepada orang lain. Hal tersebut seiring dengan kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial dan tidak bisa dipisahkan dengan manusia lainnya.
2. Komunikasi adalah bentuk dari perkembangan peradaban. Mungkin, pada jaman dulu, komunikasi belum se canggih sekarang yang bisa melalui telepon, aplikasi atau SMS.
3. Komunikasi merupakan sebuah jalan untuk membentuk sebuah perkumpulan atau komunitas antara orang yang satu dan lainnya.

Ciri-ciri Berkomunikasi

Berikut ciri-ciri bahwa kamu sedang atau akan melakukan komunikasi.

1. Dilakukan sekurang-kurangnya oleh dua orang atau lebih. Jika hanya satu orang, maka itu tidak bisa disebut komunikasi.
2. Dilakukan dengan pendekatan dua arah. Jika dilakukan dengan pendekatan satu arah, itu juga bisa disebut komunikasi, namun salah satu pihak tidak bisa membantah atau mengemukakan pendapat.
3. Ada sesuatu pesan yang disampaikan. Bukan hanya saling diam.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel