14 June 2015

7 Langkah Mudah Mengelola Android Secara Remote Menggunakan Aplikasi AirDroid

7 Langkah Mudah Mengelola Android Secara Remote Menggunakan Aplikasi AirDroid
mengelola android secara romote dengan AirDroid

AirDroid menjadi salah satu diantara aplikasi manager sejenisnya di perangkat Android yang menyediakan pengaturan serta manajemen secara wireless. Anda dapat melakukan berbagai hal dengan menggunakan aplikasi AirDroid seperti streaming perangkat secara real time, membuka URL dari perangkat PC ke Android menggunakan fitur Clipboard, mengambil screenshots melalui PC, menentukan pilihan Speed Install dan Speed Upload hanya dengan drag and drop, mengkoneksikan secara cepat melalui perangkat mobile dengan menggunakan browser di PC, serta masih banyak yang lainnya.

Aplikasi AirDroid dengan segala fitur yang dimilikinya tentunya dapat menandingi pesaingnya yaitu Moborobo. Video dari perangkat Android juga dapat Anda kelola dan mainkan hanya dengan menggunakan browser web. Untuk mencobanya, Anda dapat masuk ke Google Play Store di Smartphone Android atau melalui tautan https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sand.airdroid. Selanjutnya, simak langkah berikut ini untuk dapat mengelola Android secara remote menggunakan aplikasi AirDroid:

  1. Pada PC, buka lah tautan web.android.com melalui browser web, sebaiknya Anda gunakan Google Chrome sebagai browser web. Kemudian, jalankan AirDroid mobile client melalui perangkat Android Anda.
  2. Lakukan scan terhadap QR code yang muncul pada browser web di PC dengan menekan tombol kamera yang terdapat pada AirDroid client. Agar koneksi remote antara PC dengan perangkat Android dapat berjalan, masukkan lah sebuah kode ke dalamnya. Setelah itu, perangkat Android sudah dapat Anda kelola dengan menggunakan browser.
  3. Ikon dan sejumlah pengaturan dapat Anda temukan melalui browser web pada PC. Anda kemudian dapat menemukan shortcut ke kontak untuk Android (Contacts), foto (Photos), pesan teks (Messages), baterai dan sinyal Wi-Fi, Ringtones, Videos, serta masih banyak lagi yang lainnya. Video yang tersimpan pada perangkat Android juga dapat Anda putar, unduh, maupun menghapusnya.
  4. Di bagian atas layar AirDroid widget, aplikasi pada Google Play store dapat Anda cari dengan menggunakan search bar. Melalui fitur tersebut, aplikasi yang dibutuhkan dapat Anda temukan nantinya Google Play Store dan Quixey.
  5. Anda juga dapat berpindah dari satu PC ke PC yang lainya, menjalankan Speed Install, melakukan pengiriman pesan singkat, serta mengunggah file ke PC. AirDroid pada intinya mampu memberikan kesempatan untuk melakukan pengelolaan pada beberapa perangkat Android sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
  6. Tampilan layar Android secara streaming dapat Anda lihat melalui browser web di PC secara real time dengan menekan ikon Screenshot. Anda akan melihat tampilan benar-benar secara real time karena setiap detiknya tampilan akan di-refresh. Jika Anda ingin memperbesar tampilan home pada aplikasi, tekan tombol full screen. Anda juga dapat melakukan pengaturan pada kecepatan gambar yang sedang di-streaming melalui layar perangkat Android saat mode full screen dijalankan. Pastikan root pada perangkat Android sudah berjalan agar Screenshot dapat dijalankan.
  7. QuickTime player versi terbaru juga harus sudah diinstal pada PC agar streaming video dari perangkat Android ke komputer dapat berjalan.
Selamat mencoba!

Artikel Terkait

7 Langkah Mudah Mengelola Android Secara Remote Menggunakan Aplikasi AirDroid
4/ 5
Oleh