Festival Paling Unik yang Ada Di Indonesia

Festival Paling Unik yang Ada Di Indonesia



Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kebiasaan juga budaya yang unik dan berbeda. Hal ini membuktikan, negara ini mendominasi mengenai budaya, baik dibidang pakaian tradisional, tarian, bahasa dan hal unik lainnya.

Semakin sini Indonesia semakin terpuruk dalam segi budaya. Artinya, banyak generasi penerus yang malah tidak melestarikan budaya yang dimiliki. Padahal, kebudayaan akan sangat bagus menjadi ciri khas suatu bangsa.

Bahkan, beberapa kebudayaan yang tak dilestarikan pun sempat direbut negara tetangga. Bagaimana tidak? Warga Indonesianya saja tidak mau melestarikan. Nah, sebagai upaya pelestarian, ada beberapa daerah yang melakukan sebuah festival unik bertema kebudayaan. Apa sajakah festival yang dimaksdud? Berikut ulasan lengkapnya:

Tradisi Pasola Sumba Barat

Pasola merupakan sebuah tradisi unik, di mana, ada tradisi lempar lembing yang dilakukan sembari menunggangi kuda di sebuah lapangan besar. Biasanya, festival ini diadakan bulan februari hingga Maret.

Festival Lompat Batu Nias

Kegiatan ini bisa disebut sebagai tradisi unik bagi penduduk Nias. Hal tersebut ditujukan pada pemuda untuk menunjukan kedewasaannya meloncati batu dengan pakaian ala pejuang khas Nias. Jangan salah, tinggi batu tersebut mencapai 2 meter.

Lomba Karapan Sapi  Madura

Waw, ini salah satu kebudayaan Madura yang masih dilestarikan sampai sekarang. Lomba ini menggunakan sapi yang ditunggangi. Hebat bukan?

Tiga kebudayaan di atas hanya sebagian kecil, masih banyak kebudayaan yang juga harus dilestarikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel