25 August 2016

Cara Mudah Membuat Cetakan Gorong-Gorong

cetakan gorong-gorong
pipa beton


Gorong-gorong umumnya digunakan untuk saluran pembuangan air. Di musim penghujan, salah satu faktor penyebab banjir adalah kemacetan saluran air akibat gorong-gorong yang rusak.
Gorong-gorong atau buis beton bisa Anda beli di toko bangunan dengan ukuran bervariasi sesuai kebutuhan. Jika tidak menemukannya di sekitar rumah, Anda dapat mencarinya di Indotrading.com. Di situs itu, Anda dapat mencari penjual pipa beton dengan harga yang relatif lebih murah kebanyakan penjual di sana merupakan distributor atau agen besar.

Gorong-gorong ada yang terbuat dari bahan baja, ada juga yang dari beton. Gorong-gorong dari baja biasanya digunakan untuk jembatan atau lorong yang membutuhkan konstruksi yang kuat. Tentu saja, gorong-gorong dari baja ini hanya bisa diproduksi oleh pabrik-pabrik besar dan dipasarkan di tempat jual pipa beton untuk keperluan konstruksi.

Sementara itu, gorong-gorong dari beton umumnya digunakan sebagai saluran air. Siapapun bisa membuat gorong-gorong dari beton dengan bahan-bahan yang bisa dibeli di toko bangunan. Nah, jika Anda ingin membuat cetakan gorong-gorong beton sendiri, berikut langkah-langkahnya:


  1. Siapkan alat cetak gorong-gorong dengan diameter sesuai kebutuhan lalu lumuri bagian dalam alat cetak dengan oli agar mudah dilepas nantinya.
  2. Agar tidak menyentuh tanah, berilah alas pada bagian bawah alat cetak. Jika Anda lupa memberi alas, tentu dapat mempengaruhi kualitas cetakan gorong-gorong nantinya.
  3. Kombinasi bahan untuk membuat gorong-gorong adalah enam ember pasir basah dicampur dengan satu ember semen portland. Lalu campurkan dan aduk kedua bahan ini hingga merata.
  4. Masukkan campuran pasir dan semen tadi secara perlahan-lahan ke dalam cetakan gorong-gorong dan padatkan hingga benar-benar padat sempurna agar gorong-gorong tidak mudah pecah. 
  5. Setelah cetakan terisi dengan penuh dan padat, biarkan sekitar 15 menit lalu lepas bagian luar cetakan gorong-gorong secara perlahan agar gorong-gorong yang masih basah tidak rusak.
  6. Biarkan gorong-gorong mengering dengan sempurna sebelum digunakan.


Jadi, jika Anda tidak ingin membeli gorong-gorong yang terbuat dari beton di tempat jual pipa beton, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, perhatikan komposisi air yang akan dicampurkan. Jangan sampai kebanyakan air dalam campurannya, karena bisa mengakibatkan gorong-gorong mudah pecah. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Cara Mudah Membuat Cetakan Gorong-Gorong
4/ 5
Oleh

1 comments:

October 27, 2016 at 9:48 AM delete

Butuh peralatan untuk membuat gorong-gorong, hubungi kami, kami adalah produsen berbagai jenis dan ukuran Palu Bodem martil dan bahan material lainnya

Reply
avatar