22 October 2015

Mengatasi Android Lemot Banget dengan 3 Cara Mudah Banget

Berbagai jenis platform pada Smartphone kini bisa dijumpai dengan tampilan dan fungsi yang berbeda-beda. Dari bermacam-macam jenis platform tersebut, tampaknya Android masih jadi yang terdepan dan paling diminati dari berbagai kalangan.

Alasannya adalah karena Android dijual dengan kisaran harga menengah sampai premium sehingga bisa dijangkau pembeli dari berbagai segi ekonomi. Fitur di dalam perangkat ini sudah cukup untuk menarik perhatian orang-orang yang melihatnya sehingga terkesan lebih canggih dari platform lainnya.

Meskipun begitu, Android juga sama saja seperti OS lainnya yang memiliki masa penggunaan,dimana jika sudah lama digunakan maka bisa saja performanya menurun dibandingkan ketika baru pertama dibeli.
mengatasi android lemot
kenapa android lemot sekali?

Masalah seperti loadingnya yang berubah menjadi lambat bisa saja terjadi pada setiap Android. Dan sebagai pengguna, kita tentunya akan merasa kurang nyaman jika Android lemot sekali.

Bila ini berlangsung lama tanpa tau bagaimana mengatasinya,bisa saja si pengguna akan memutuskan mencari lagi OS yang baru dan meninggalkan Android.

Bayangkan saja bagaimana jika kalian mendapati Smartphone Android yang untuk membuka aplikasi atau file saja lama. Nanti ujung-ujungnya akan bosan sendiri dengan Smartphone Android itu.

Tanpa disadari, penyebab lemotnya Android tidak selalu diakibatkan oleh umur perangkatnya yang sudah lama. Lebih dari itu, beberapa faktor seperti memori, RAM dan Widget juga berpengaruh pada kinerja Android itu sendiri.

Semakin banyak data di dalam Android tersebut, besar kemungkinan kemampuan untuk membaca filenya akan berkurang. Meskipun aplikasi yang di-install hanya berukuran kecil, tapi jika jumlahnya ada banyak, itu sama saja akan mempengaruhi lama/tidaknya akses data.



Menjaga agar kemampuannya tidak berkurang memang perlu ketelitian dan sering melakukan pengecekan secara manual. Tentunya jika kita bukan ahli dalam bidang teknis, perawatan yang dilakukan hanyalah sebatas menjaga agar Smartphone itu dipakai secara bijak, dengan tidak membebani mesinnya dengan data, file, lagu,video atau aplikasi yang berlebihan.

Lalu apakah ada cara alternatif lainnya? Ya, beberapa tips berikut ini dapat dijadikan pertimbangan untuk menjaga Android tetap dalam kondisi terbaik meskipun sudah dipakai betahun-tahun.

1. Cek Space Memori yang Masih Tersisa

Aplikasi di Smartphone memang banyak yang bagus dengan segala fungsi yang dimilikinya sehingga memudahkan pengguna mendapatkan apa yang mereka cari.

Terlalu asyik dengan aplikasi biasanya akan membuat Android kita memiliki aplikasi yang melimpah. Begitu ada yang baru dan unik langsung di-download dan di-install.



Akibatnya memori penuh dan prosesnya pun jadi lemot. Untuk mengatasinya, pastikan jika masih ada 20% space kosong di Android kalian. Lalu uninstall juga program yang tidak terpakai dan kalau perlu back up file yang berukuran besar ke layanan cloud.

2. Memasang Widget Secukupnya

Terkadang di halaman awal/home screen, kita suka memasang widget-widget yang tujuannya untuk mempercepat akses menuju ke aplikasi yang mau dibuka.

Jika ditampilkan pada home screen, tidak perlu repot lagi mencari aplikasi di tempanya, karena tinggal klik di home screen, aplikasi itu langsung bisa digunakan. Sudah pasti hemat waktu.


Tapi apakah kita pernah berfikiri jika terlalu banyak widget bisa membuat Android lambat? Cara terbaik agar Android tidak sampai lelet adalah membatasi tampilan widget sebanyak 3 saja. Pilihlah kira-kira mana yang benar-benar penting ditampilkan pada home screen.

3. Restart Smartphone

Kelihatannya memang sepele, cuma me-restart saja, namun cara ini ampuh untuk mengatasi lemot.

Ketika Smartphone di-restart, sistemnya akan kembali ke pengaturan awal sehingga akan fresh kembali. Ini berguna jika muncul kondisi dimana aplikasi yang dibuka mengalami crash, tidak bisa dibuka dan membuat yang lainnya ikut error.

Setelah restart, kinerja Smartphone akan kembali normal. Sebaiknya restart ini sering dilakukan agar Android memiliki waktu untuk menata ulang sistemnya.

Artikel Terkait

Mengatasi Android Lemot Banget dengan 3 Cara Mudah Banget
4/ 5
Oleh