08 January 2014

Cara Mengaktifkan Command Prompt Menggunakan Registry Editor dan Run

Mengaktifkan Command Prompt Menggunakan Registry Editor dan Run
Disable Command Prompt on Registry Editor

Sesuai janji saya pada artikel sebelumnya yaitu Cara Mengaktifkan Command Prompt (CMD) yang Di-disable Administrator atau Virus, saya akan menjelaskan cara lainnya untuk mengaktifkan CMD. Tidak tanggung-tanggung saya akan menulis dua cara sekaligus dalam satu artikel ini.

Mengaktifkan CMD Melalui Registry Editor


Registry Editor merupakan tool bawaan Windows yang dapat kita gunakan untuk melihat dan mengedit Registry Windows. Kita dapat dengan mudah memodifikasi registry key menggunakan Registry Editor ini untuk mengaktifkan Command Prompt yang didisable admin maupun virus. Dan berikut adalah cara yang harus kita lakukan.


  1. Jika kita menggunakan Windows 8, 7, dan Vista, masuk Start lalu Search. Sedangkan jika menggunakan WIndows XP kita harus masuk Start lalu Run.
  2. Ketikkan regedit dan tekan Enter.
  3. Tunggu sampai Registry Editor terbuka.
  4. Masuk menuju HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Windows\System. Jika key Windows tidak ada kita harus membuat key baru bernama Windows. Begitu juga jika key System tidak tersedia.
  5. Pada area kerja sebelah kanan carilah DisableCMD kemudian double klik. Set value atau nilainya menjadi 0. Jika kamu tidak menemukan DisableCMD maka kamu harus membuat DWORD baru dengan nilai 0.
  6. Tutup Registry Editor.
  7. Buka Command Prompt atau restart PC kamu jika CMD tidak mau dibuka.


Cara Paling Mudah Meng-Enable Command Prompt Melalui Run


Jika kamu bingung dengan bagaimana cara mengaktifkan command prompt menggunakan Group Policy Editor maupun Registry Editor kamu bisa menggunakan cara paling mudah yaitu langsung mengetikkan kode pada Run/ Search.


  1. Pertama tentu saja kita harus membuaka Run/ Search seperti sebelumnya. Secara umum, untuk semua Windows kita dapat menekan tombol Windows+R pada keyboard secara bersamaan.
  2. Copy dan paste kode REG add HKCU\Software\Policies\Microsoft\Windows\System /v DisableCMD /t REG_DWORD /d 0 /f kemudian tekan Enter.
  3. Ya. Sudah selesai. Sekarang buka CMD kamu. Masih belum bisa? Coba restart lagi komputer kamu.


Cara pada artikel ini dan artikel sebelumnya dapat bekerja pada Windows 8, Windows 7, Windows Vista and Windows XP.

Artikel Terkait

Cara Mengaktifkan Command Prompt Menggunakan Registry Editor dan Run
4/ 5
Oleh

2 comments

January 8, 2014 at 10:22 PM delete

Cara ini biasanya digunakan pada warnet-warnet agar para pengunjung tidak bisa merubah settingan default komputer warnet... :)

Reply
avatar
January 9, 2014 at 2:38 PM delete

Begitu ya caranya, sy perlu save info ini, thanks sudah share ya :)

Reply
avatar