Tips Berjualan dan Memilih Situs Marketplace Terbaik Di Indonesia

Secara sederhana, online marketplace diartikan sebagai tempat berkumpulnya semua toko online terpercaya yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Disamping itu fasilitas yang mendukung dalam kegiatan jual-beli online juga disediakan secara lengkap oleh pelaku marketplace sehingga memudahkan baik penjual maupun pembeli melakukan proses jual beli online.

marketplace obat online indonesia
online marketplace


Jenis Jenis Situs Marketplace Di Indonesia:

IKLAN BARIS
Tokobagus
Berniaga
Olx

FORUM ONLINE
Salah satu model marketplace jenis forum online adalah Kaskus, kaskus ini merupakan forum online terbesar di Indonesia yang mana terdapat iklan baris dalam forum jual belinya, hal ini dikarenakan kaskus juga tidak menggunakan fasilitas rekber melainkan transaksi jual beli pada kaskus terjadi secara langsung antara si penjual dan si pembeli,
Adapun  transaksi yang digunakan pada sebuah website iklan baris adalah COD (Cash On Delivery).

CUSTOMER TO CUSTOMER
Tokopedia
Bukalapak
Obat.co.id
Lamido
Elevenia
Blanja

BUSINESS TO CONSUMER
Bhinneka
Berrybenka
Lazada
Zalora
Bilna
Tiket



Tips Berjualan Online Melalui Marketplace

1. Kenali Diri
Sebelum memulai suatu usaha, tentunya pertama yang harus kita perhatikan adalah mengenali diri, artinya dalam mengembangkan suatu bisnis tentu membutuhkan keahlian dari pemainnya dengan kata lain bila anda akan memulai berjualan online melalui marketplace jadi anda harus mengenali kelebihan dan kekurangan pribadi supaya bisnis anda bisa berjalan sesuai passion anda dan bisa anda jalankan sepenuh hati.

2. Mencari Produk
Langkah selanjutnya adalah mencari produk, karena dalam marketplace anda sudah disediakan tempat berjualan jadi tugas anda sebagai penjual disini hanya menyediakan produk dan berpromosi. dalam membangun bisnis online, salah satu yang terpenting adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Sebelum menentukan produk kalian harus memastikannya langsung ke masyarakat untuk mencari tahu produk apa yang laku atau banyak dibutuhkan di masyarakat.

3. Kenali Produk
Tapi jangan lupa juga anda harus mengenal apa produk yang anda jual. Mulai dari spesifikasi, harga, dan detail produk lainnya. Agar nantinya saat pembeli datang dan bertanya produk, anda bisa menjawabnya dengan jelas. Informasi produk yang jelas dapat membantu anda dalam memikat pelanggan karena kejelasan produk menjadikan toko online anda terpercaya. Orang lain pun akan segan datang dan membeli produk anda.

4. Kenali Konsumen
Selain mengenali produk, anda juga harus mengenal siapa konsumen anda. Karena mengingat pembeli dalam toko online beragam jadi anda harus mengerti tentang apa yang diinginkan konsumen, karena Mengenali konsumen berarti mengenali siapa target pasar anda. Langkah ini dapat membantu anda dalam hal promosi, sehingga bisa membantu meningkatkan penjualan dalam toko online anda.

5. Kenali Kompetitor
Penting juga bagi anda mengenali siapa saingan atau competitor anda. Mengingat dalam marketplace persaingan sangat ketat. Jadi jika ingin sukses berbisnis di marketplace anda harus tahu siapa competitor anda, mengenali kelebihan dan kekurangan dari competitor kita. Dengan begitu anda bisa memberikan pelayanan yang berbeda dan unik mulai dari produk, cara promosi, cara pelayanan hingga harga. Menjadi penjual online yang unik dapat menrik perhatian pelanggan untuk mengunjungi toko online anda.

6. Menjaga Reputasi
Apabila semua sudah berjalan dengan baik. Pastikan anda selalu menjaga reputasi toko online anda, mengingat competitor begitu banyak dan persaingan yang ketat jadi anda harus selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan pelanggan anda supaya pelanggan anda bisa berlanja dengan aman dan nyaman di toko online anda.



Tips Memilih Situs Marketplace 

1. Kenali reputasi marketplace
Seperti yang kitaketahui ada banyak sekali tempat tempat jualan online (atau yang sering dikenal dengan sebutan marketplace), tapi tidak semua marketplace memiliki reputasi yang baik “waspada marketplace penipuan”. Untuk menghindari penipuan dalam berjualan online di marketplace sebaiknya kenali terlebih dahulu bagaimana latar belakangnya, reputasi marketplace dimata konsumen. Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui testimony dari orang orang yang pernah datang mengunjungi atau bergabung di marketplace tersebut.

2. Perhatikan fitur marketplace
Fitur dalam sebuah marketplace sangatlah penting, oleh sebab itu sebelum memutuskan bergabung, kenali dulu marketplace yang anda tuju, salah satunya perhatikan fitur marketplace. Karena keberadaan fitur sangat menunjang perkembangan dan promosi anda dalam menjual produk anda dalam marketplace anda. Kemudahan fitur yang ditawarkan akan memberikan kemudahan para penjual dalam berjualan online melalui marketplace.

3. Perhatikan pelayanan marketplace

Sistem transaksi
Jangan lupa juga pelajari juga tentang system transaksi yang diterapkan dalam marketplace tersebut. Pastikan marketplace tersebut menerapkan system transaksi yang aman dan mudah.

Sistem pengiriman
Jangan lupa perhatikan juga tentang system pengirimannya, perhatikan alur yang mereka terapkan dalam system pengiriman. Dalam marketplace bisaanya menyediakan 2 sistem pengiriman yaitu COD (cash on delivery) dan pengiriman melalui jasa ekspedisi. Apabila anda menerapkan system pengiriman melalui jasa ekspedis, perhatikan jasa ekspedisi apa yang mereka gunakan. Salah satu rekomendasi jasa ekspedisi terbaik yaitu JNE. Sistem pengiriman yang terbaik dapat membantu anda dalam mengontrol barang yang akan anda kirimkan ke pelanggan bisa diterima dengan baik. Sehingga target pasar yang Anda tuju tercapai dengan baik.

Pilih marketplace yang spesifik menjual produk tertentu
Ada berbagai macam jenis marketplace, tapi sebaiknya pilihlah jenis marketplace yang spesifik menjual produk tertentu. Mengapa demikian??, hal ini bertujuan untuk menjaring konsumen lebih tepat dan tertarget. Salah satu situs marketplace spesifik yang menjual produk tertentu yaitu Obat.co.id

jual obat herbal lengkap
website Obat.co.id menggunakan tampilan yg clean dan userfriendly


Obat.co.id
Sebuah situs marketplace yang khusus menjual produk produk kesehatan seperti obat herbal, minyak herbal hingga kosmetika herbal dimana semua produk herbal yang dijual telah berlabelkan BPOM. Proses transaksi dan pengirimannya juga mudah dan cepat.

Cara mendaftar penjual di obat.co.id
Kunjungi website www.obat.co.id
Kemudian klik register
Pilih sebagai penjual
Isi semua form form yang telah disediakan
Dan finish.
Selanjutnya admin obat.co.id akan mengirimkan notifikasi penjual ke anda melalui email.
Setelah persetujuan selesai. Anda bisa langsung memposting produk dan berpromosi.
Gimana mudah kan…???


Sebenarnya cara berjualan online melalui marketplace lebih mudah dibandingkan berjualan online melalui toko online sendiri. Mengapa?

Karena semua yang anda butuhkan untuk menjalankan bisnis online sudah disediakan lengkap oleh marketplace jadi anda hanya harus focus dalam pemasarannya saja tanpa harus memikirkan branding dan desain toko online.

Selain itu Marketplace juga Untuk meminimkan resiko – resiko yang terjadi dalam berbisnis online dan memperoleh keuntungan seutuhnya dari internet, kita bisa menggunakan marketplace sebagai tempat untuk berjualan. Marketplace merupakan tempat berkumpulnya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli. Marketplace ini ibaratnya pasar tradisional, pihak marketplace disini berperan sebagai fasilitator yang menyediakan tempat pertemuan untuk transaksi jual beli. Yang menjadi keunggulan dari marketplace ini adalah mewadahi pebisnis online yang hanya memiliki dana yang minim.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel