Perbedaan Informasi Dan Data Dalam Kehidupan Manusia

 Perbedaan Informasi Dan Data Dalam Kehidupan Manusia




Apakah yang kamu rasakan jika memiliki atau mendapatkan sebuah informasi? Saya yakin, informasi menjadi hal yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Seperti informasi sebuah bencana, informasi sebuah perjalanan, tempat wisata, tempat makan, lokasi wilayah dan lain sebagainya.

Informasi menjadi hal vital bagi kelangsungan hidup manusia. Bagaimana jadinya jika tidak ada informasi sama sekali? Nah, hal ini sangat berkaitan dengan data. Ada yang tahu pengertian data? 

Data sendiri adalah sesuatu yang akan menjadi informasi. Bagaimana, masih pusing?  Jika tidak ada data, maka tidak akan ada juga informasi. Dan jika beredar informasi berarti itu disebabkan oleh adanya data.

Data dan informasi jelas berbeda. Namun dua hal tersebut sangat berkaitan erat dalam dunia informasi dan telekomunikasi.

Masing bingung dengan perbedaan Informasi dan data? Berikut ulasan lengakapnya:

1. Informasi adalah suatu data luar atau output dari manusia, sedangkan data adalah bahasa input atau dalam dari sebuah komputer.

2. Informasi adalah bahan yang sudah jadi dan siap dikonsumsi oleh manusia sebagai sumber ilmu pengetahuan atau pun hal lainnya, sedangkan data sebagai bahan mentah. Artinya masih dalam proses pembuatan. Makanya disebut data.

3. Informasi adalah makna rinci dari sebuah data. Sedangkan data adalah hal pokoknya saja.

4. Informsai sangat tergantung kepada data, tetapi data tidak bergantung kepada informasi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel