12 November 2015

Tips Mempercepat Windows 10 Paling Efektif

Beberapa waktu yang lalu, Microsoft telah merilis sistem operasi terbarunya yakni Windows 10. Windows 10 hadir dengan membawa banyak perubahan, diantaranya adalah munculnya kembali start menu yang sempat hilang di windows 8 dan Windows 8.1. Selain itu, banyak fitur-fitur menarik lainnya yang disediakan oleh Windows 10.

mempercepat windows 10 lelet
windows 10

Namun masalah yang sering muncul pada komputer /gadget dengan sistem operasi Windows adalah performanya yang menurun atau menjadi lemot. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini ada beberapa cara mempercepat Windows 10 agar performanya tetap terjaga.

CARA MEMPERCEPAT KINERJA WINDOWS 10


#1 UNINSTALL APLIKASI YANG JARANG DIGUNAKAN
Jika kita menginstall Windows 10 dengan cara upgrade dari PC atau laptop dengan OS Windows 8.1 atau Windows 7, maka performa Windows 10 tidak seoptimal saat kita menginstall melalui flashdisk atau CD. Hal ini dikarenakan jika kita melakukan upgrade, aplikasi yang terinstall di perangkat tidak akan terhapus atau hilang. Ini akan membuat performa menjadi menurun karena banyak aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga yang berjalan di background.

Lalu bagaimana solusinya? Solusinya adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi yang jarang atau tidak terpakai di Windows 10. Ini akan membuat performa menjadi semakin baik.


#2 MENGURANGI APLIKASI PADA STARTUP
Selain aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background, ada juga faktor lainnya yakni Startup yang berjalan pada saat Windows 10 dinyalakan. Startup biasanya akan memakan banyak memori saat computer dinyalakan. Hal inilah yang menyebabkan waktu booting Windows 10 menjadi lambat. Selain itu, performa juga akan menurun sebab terkadang aplikasi akan langsung berjalan pada saat computer dinyalakan. Efeknya adalah pada saat booting selesai dan masuk ke desktop, maka icon kursor akan muncul proses loading yang tak kunjung berhenti. Selain itu, aktivitas disk menjadi tinggi yang dapat dilihat pada lampu untuk hardisk di laptop maupun PC yang menyala terus-menerus. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat mematikan beberapa aplikasi di Startup yang tidak terlalu penting.

Caranya adalah dengan klik kanan pada taskbar yang berada di bawah, kemudian pilih Task Manager.

Di jendela Task Manager, pilih tab Startup. Klik pada aplikasi yang ingin anda disable, kemudian klik tombol disable yang berada pada pojok kanan bawah. Pilihlah aplikasi dengan penggunaan memori cukup banyak, yakni status pada kolom Startup impact High atau Medium. Pintar-pintarlah dalam memilih Startup program yang boleh dijalankan pada saat booting, misalnya saja antivirus atau driver-driver komputer.


#3 NONAKTIFKAN EFEK TRANSPARAN
Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan agar Windows 10 lebih cepat adalah dengan mematikan efek transparan. Efek transparan memang dapat membuat Windows 10 menjadi lebih lambat walaupun efeknya tidak terlalu terasa. Untuk mematikan efek tersebut, kita dapat melakukan hal berikut ini.

Klik kanan pada desktop kemudian pilih opsi Personalize. Pilih pada Colors, kemudian matikan Make Start, taskbar, and action center transparent.


#4 MATIKAN EFEK SHADOW DAN ANIMASI
Jika computer anda masih lemot, anda juga dapat mematikan efek shadow dan animasi di Windows 10.
Caranya cukup mudah yakni dengan klik pada Start, ketikkan Control Panel.
Kemudian pilih System and Security.
Setelah itu klik pada System, maka akan muncul informasi sistem computer.
Pada menu sebelah kiri, klik pada Advanced System Settings.
Akan muncul jendela baru tentang System Properties.
Pilih pada bagian Performance dan klik tombol Settings.
Akan muncul jendela popup.
Untuk memaksimalkan performa, pada tab Visual Effect silakan pilih Adjust for best performance. Klik Apply dan OK.


#5 UPGRADE PERANGKAT
Jika semua tips diatas sudah dilakukan dan computer masih lemot, ada kemungkinan perangkat laptop atau komputer anda tidak memenuhi minimum requirement dari windows 10. Windows 10 memang membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi daripada versi windows sebelumnya. Anda bisa melakukan upgrade perangkat PC seperti RAM atau prosessor yang lebih tinggi.



Itulah beberapa tips mempercepat windows 10 yang dapat anda lakukan jika computer windows 10 anda lemot. Jika performa windows 10 lebih cepat, maka pekerjaan yang membutuhkan computer akan lebih mudah dan lebih cepat selesai. Selain itu, multitasking akan lebih nyaman karena fitur unggulan dari Windows 10 adalah fitur multitasking yaitu dapat menjalankan beberapa window sekaligus.

Artikel Terkait

Tips Mempercepat Windows 10 Paling Efektif
4/ 5
Oleh