10 November 2015

Cara Mengatasi PC Lag dan Lambat

Komputer merupakan perangkat digital yang multifungsi dan dipakai untuk membantu user dalam melakukan aktivitas seperti menulis text, menonton video, menjalankan aplikasi, bermain game dan sebagai tempat penyimpanan informasi.

Menjaga agar kondisinya selalu baik adalah hal yang penting dan perlu diperhatikan bagi setiap pengguna.

Karena seringkali mereka lupa untuk merawatnya, padahal setiap hari digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Setiap komponen di dalam PC memiliki umur/batas pemakaiannya sehingga bila sudah habis masanya akan timbul masalah seperti rusak atau tidak berfungsi lagi.

mengatasi laptop lelet dan lag
ekspresi saat komputer lemot

Jika ini terjadi, kita harus segera memperbaikinya atau kalau perlu membeli komponen yang baru untuk menggantikan yang sudah usang.

Masalah kebersihan pada hardware juga tidak boleh dilupakan. Debu yang biasa menempel pada dinding perangkat hardware ini lama-kelamaan akan menumpuk jika tidak rutin dibersihkan. Terutama pada Fan dan RAM, jika debunya terlalu banyak akan mengganggu kinerja PC, seperti menjadi cepat panas atau bahkan tidak bisa menyala.

Belum lagi soal Software dan Maintenance Sistem berkala yang mesti dilakukan. Perawatan ini dilakukan pada bagian dalam PC yang berkaitan dengan Performance saat bekerja.

Terkadang PC yang sudah lama dipakai muncul trouble, contohnya saja terjadi Lag. Lag ini adalah proses membaca data yang lama dan menandakan ada masalah pada PC tersebut. Lag selain merugikan user, juga mempengaruhi kemampuan PC untuk melakukan perintah yang berubah menjadi lambat untuk responnya.

Sudah tentu kita yang menggunakan PC lambat ini akan menjadi kesal. Pada dasarnya semua pengguna ingin bisa mengakses PC dengan cepat, jika terlalu lama menunggu mungkin akan menjadi bosan. Padahal kita ingin melakukan pekerjaan dengan PC tersebut.

Lag bisa terjadi pada setiap PC baik yang masih baru, apa lagi dengan yang sudah lama. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk menghilangkan Lag ini, kita perlu mengetahui dulu kira-kira apa yang menjadi penyebab utamanya. Faktor yang menjadikan PC Lag bisa berasal dari Internal atau External.

Penyebab Komputer Lag/Lelet:

  1. OS mengalami kerusakan
  2. RAM kotor atau bermasalah
  3. Hardisk sudah berkurang kemampuannya
  4. Terjadi Drop pada Power Supply
  5. Motherboard mengalami masalah


Cara Mengatasi PC Yang Sering Lag/Lemot:

1. Menghapus Program

Banyaknya program membuat PC bekerja lebih dan membebani loading sehingga akan memperlambat PC saat berproses.
Program yang kita install bisa jadi tidak semuanya digunakan setiap hari. Oleh karena ini beberapa program yang jarang dipakai, sama sekali tidak digunakan ataupun yang kurang cocok dengan spesifikasi PC sebaiknya dihapus.

2. Mendisable Sercives 

Services  ini adalah semacam perintah dari program yang otomatis berjalan ketika PC kita nyalakan. Pada setting default, mungkin Services akan banyak yang aktif. Sementara terkadang kita tidak merasakan langsung atau tau apa fungsinya.
Oleh karena itu menonaktifkan beberapa yang tidak berguna akan membantu PC kalian bekerja lebih cepat.

3. Mengurangi Program Aktif Saat Startup

Mengaktifkan program ketika Start up memang bermanfaat agar program tersebut bisa di akses secara cepat, namun bila jumlahnya ada banyak justru akan mempengaruhi kecepatan PC. Setiap program membutuhkan waktu tunggu sampai bisa dibuka. Selama itu, PC akan berusaha membukanya dan membuat loading terasa lambat.
Untuk itu seharusnya di pilih saja yang benar-benar penting untuk langsung dijalankan ketika Start up.

4. Mengupdate Anti Virus

Lag bisa juga disebabkan oleh PC yang bermasalah karena ada virus atau malware yang bersemayam di dalama Memori PC.
Virus ini dapat berkembang biak tanpa kita sadari pada PC. Biasanya virus akan mencoba mengambil alih data dan membebani PC sehingga untuk membuka data/aplikasi saja akan lama. Usahakan untuk rutin mengupdate anti virus minimal seminggu sekali untuk menjaga agar virus tidak menyerang PC kita.

5. Mengurangi Jumlah Font Terinstall

Font memang diperlukan saat ingin dipakai untuk menulis artikel dan karena variasi jenisnya, kita sering mendownload tipe-tipe font yang berbeda-beda untuk keperluan tertentu. Walaupun umumnya Font hanya berukuran kecil, namun jika terlalu banyak sampai ribuan di PC, secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja PC.
Solusinya adalah menghilangkan Font yang tidak terpakai dan menyisakan yang sering digunakan saja.

Artikel Terkait

Cara Mengatasi PC Lag dan Lambat
4/ 5
Oleh