WEN.RU Akan Ditutup, Wapper Wajib Baca

WEN.RU adalah salah satu platform wap builder yang sangat terkenal di kalangan wapper. Jika kamu sudah cukup lama menggeluti dunia wap pasti kenal dengan platform yang satu ini.

Wen.ru sangat ringan dan mudah digunakan. Platform wap builder yang sudah berdiri sejak 10 tahun yang lalu ini sebentar lagi akan ditutup. Entah karena terkendala dana atau apa. Seperti yang kita ketahui bahwa platform asal RUsia ini memberikan fitur yang melimpah seperti pilihan subdomain yang banyak, akses ftp, dan berbagai tool yang kita perlukan dalam membangun situs kita. Tapi tidak seperti xtgem yang dipenuhi iklan, wen.ru tidak pernah memasang iklan sedikitpun pada situs kita.

subdomain wen.ru
subdomain wen.ru pada login page

Bagi kamu yang punya situs di wen.ru tenang saja. Penutupan tidak akan dilakukan seketika, melainkan bertahap. Berikut ini adalah jadwal penutupannya:


  • 25 Agustus 2015 - Pendaftaran situs baru akan ditutup. Situs yang sudah ada akan tetap berjalan seperti biasanya. Selain itu kita juga masih bisa leluasa mengedit situs kita.
  • 31 Agustus 2015 - Page editor (penyunting halaman) akan ditutup. Situs masih bisa dibuka. Sebagai gantinya kalau ingin melakukan perubahan (edit, delete, upload, dll) pada file situs kita, kita masih diperbolehkan menggunakan FTP. Cara menggunakan FTP tidak perlu saya jelaskan. Saya yakin kammu pasti bisa dan sudah terbiasa menggunakannya.
  • 07 September 2015 - FTP akan ditutup. Semua hak akses file akan menjadi read-only (hanya bisa dibaca). Tentu saja pada tahap ini situs kita masih bisa dibuka.
  • 14 September 2015 - Pada tanggal ini wen.ru akan menyediakan fasilitas IP forwarding yang berfungsi untuk mengalihkan situs kita dari wen.ru ke situs kita di hosting yang lain. Hal ini sangat bermanfaat untuk mem-backup traffic kita. Layanan ini mungkin akan diluncurkan lebih awal dari yang dijadwalkan. Tapi sebenarnya kita bisa bisa mengalihkan sekarang juga. Bisa dengan html maupun javascript. Silahkan cari di google.
  • 25 September 2015 - Akses FTP akan ditutup. Situs juga tidak bisa dibuka. Tapi kita masih diperbolehkan meminta backup file kita disana. Ada baiknya kita mem-backup sendiri file kita dari sekarang.
  • Tahun 2016 (tanggal belum ditentukan), layanan pengalihan IP juga akan dihentikan. Seluruh project wen.ru sudah tutup total.


Berikut ini screenshot pengumuman jadwal yang saya jelaskan di atas.

jadwal penutupan wen.ru
Proyek wen.ru akan ditutup

Jika ingin langsung melihat pengumuman dalam bahasa inggris tersebut silakan langsung menuju http://wen.ru/html/?close,,en

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel