23 May 2015

Apa Perbedaan Sleep dan Hibernate?

shutdown sleep hibernate
Sleep dan Hibernate di Menu Shut down pada Windows 7
Banyak dari kita yang sudah tak asing lagi dengan istilah sleep dan hibernate. Saat akan mematikan komputer kita sering menjumpai menu sleep dan hibernate. Tapi taukah Anda apa sebenarnya perbedaan antara sleep dengan hibernate pada windows?

Jika komputer Anda menggunakan sistem operasi windows 7 atau windows 8 Anda bisa memanfaatkan kedua fitur ini sesuai kebutuhan. Jadi kita harus mengetahui dulu apa perbedaan mode sleep dengan mode hibernate.

Pengertian mode sleep
Mode ini digunakan jika Anda ingin meninggalkan komputer Anda dalam waktu yang tidak terlalu lama. Semua aktivitas akan ditulis sementara dalam memori. Dalam keaadan sleep sebenarnya komputer masih menyala, hanya layarnya saja yang tertidur.

Pengertian mode hibernate
Hibernate berarti tidur panjang. Saat komputer berada dalam keadaan hibernate, data dan aktivitas akan ditulis ke hardisk kemudian komputer berhenti bekerja seperti dalam keadaan shutdown. Aktivitas dan data akan dikembalikan saat dinyalakan kembali.

Jadi fitur hibernate sangat cocok digunakan untuk laptop untuk menghemat baterai tanpa harus kelihangan aktivitas terakhir.

Saat menyalakan kembali dari keadaan sleep hanya memerlukan waktu kurang dari 10 detik. Sedangkan jika menyalakan dari keadaan hibernate akan memakan waktu lebih lama seperti booting kembali dari keadaan mati.

Artikel Terkait

Apa Perbedaan Sleep dan Hibernate?
4/ 5
Oleh